Rabu, 25 Mei 2022

UMKM Generasi Muda Penopang Perekonomian Nasional di 2025

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Foto: umkmnews

Menjelang momentum Sumpah Pemuda, tentu akan menjadi hal menarik jika menyoroti soal inovasi dan kontribus bidang ekonomi di negeri ini.

Muhammad Lutfi, Ketua Umum Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengeklaim banyak sekali kegiatan dan program yang digagas oleh anak muda, menurutnya ini menjadi momentum besar bagi anak muda untuk mengambil peran yang lebih besar.

“Sudah banyak e-commerce dan industri kreatif muncul dari ide-ide anak muda, hasilnya adalah UMKM yang semakin berkembang di masa pandemi ini yang secara tidak langsung turut menopang perekonomian,” imbuhnya saat dihubungi Radio Suara Surabaya, Selasa (26/10/2021).

Ia juga menyebut bahwa tahun 2025 penopang ekonomi dunia adalah UMKM yang digagas oleh anak muda itu sendiri, dan sekaligus menopang perekonomian di masa depan.

Ketua Umum Badan Pengurus Cabang itu menyarankan untuk generasi muda agar segera menyiapkan bekal sebelum terjun ke dunia bekerja maupun pengusaha.

“Mental dan kemampuan harus disiapkan untuk menghadapi bidang apa saja yang diinginkan, jika ingin menjadi profesional maka tekuni bidang itu. Kalau ingin jadi enterprenuer harus sering update perkembangan bidangnya dan harus haus ilmu,” kata Lutfi pada Senin, (26/10/2021).

Terkait lapangan pekerjaan dan bidang usaha, Luthi berkata bahwa generasi sekarang seharusnya tidak perlu cemas, karena media sosial dan pemerinatah bisa menjadi ladang informasi terkait hal itu.

“60 persen pekerjaan sekarang ini sudah dipegang oleh anak muda, bahkan model bisnisnya sudah mengarah ke teknologi yang erat kaitannya dengan generasi sekarang,” tuturnya.

Selain memiliki energi yang besar, anak muda juga memiliki emosi dan hasrat yang tinggi untuk itu Luthfi menyarankan agar anak muda tidak melepas kontrolnya kepada orang yang berpengalam saat berad di suatu bidang pekerjaan maupun usaha.(wld/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
28o
Kurs