Sabtu, 23 Oktober 2021

Upacara 60 Tahun Pramuka, Gubernur Berharap Pramuka Inisiasi Produk Unggulan Jawa Timur

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Vaksinasi kepada anggota Pramuka di Gedung Negara Grahadi. Foto: Anton suarasurabaya.net

Bertindak sebagai pembina upacara Hari Pramuka ke 60 di Gedung Negara Grahadi, Minggu (15/8/2021) Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim sekaligus Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, berpesan kepada Pramuka Produktif di Jawa Timur agar bisa menemukan dan mengenali produk unggulan serta produk andalan Jatim.

Gubernur berharap Pramuka bisa menguasai dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya, untuk bisa meningkatkan kualifikasi dari produk unggulan yang ada di sekitarnya.

“Inovasi peningkatan produktivitas masyarakat Jawa Timur juga terus kita dorong terutama yang diinisiasi Pramuka Produktif Jawa Timur,” ujar Khofifah.

Kepada seluruh jajaran kwarda dan kwarcab di Jawa Timur, Gubernur berpesan untuk menemukan jejaring yang luas agar potensi pasar ikut meluas.

Seiring dengan tema perayaaan Hari Pramuka tahun ini adalah Pramuka Berbakti Tanpa Henti,  Khofifah menyampaikan pesan dari Jokowi Presiden, bahwa mulai tahun 2021 bulan Agustus dijadikan sebagai Bulan Bakti Pramuka.

“Jika di bulan lain pramuka biasa melakukan baktinya ke masyarakat, maka di bulan Agustus akan lebih dilipatgandakan lagi,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam rangkaian kegiatan hari ini juga digelar vaksinasi Covid-19 serentak untuk 60ribu dosis di 60 titik yang disebar ke 38 kwartir cabang di tiap kabupaten/kota di Jawa Timur. Masing-masing kwartir cabang menerima sebanyak kurang lebih 2.000 dosis.

Sementara untuk simbolis di Grahadi, hari ini diberikan sebanyak 200 dosis pertama vaksin Sinovac kepada peserta upacara yang diikuti oleh gugus depan dari SMA/SMK di Surabaya dan sekitarnya.

Rangkaian upacara hari ini juga diisi dengan kegiatan donor darah dan skrining plasma konvalesen, serta bakti sosial dengan mengundang anak yatim serta penarik becak dari lingkungan Pasar Genteng Surabaya.(ton/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Sabtu, 23 Oktober 2021
29o
Kurs