Jumat, 29 Maret 2024

Bank Sentral Inggris Naikkan Suku Bunga Acuan Menjadi 1,75 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Bank of England. Foto: DW.com

Bank sentral Inggris, Bank of England (BoE), menaikkan suku bunga acuan, Bank Rate, sebesar 0,5 poin persentase, menjadi 1,75 persen, pada Kamis (4/8/2022).

Ini adalah kenaikan suku bunga terbesar sejak 1995 dan membawa suku bunga Inggris ke level tertinggi 13 tahun, serta kenaikan suku bunga keenam berturut-turut sejak Desember tahun lalu.

“Pertumbuhan PDB di Inggris melambat. Kenaikan harga gas terbaru telah menyebabkan penurunan signifikan lainnya dalam prospek aktivitas di Inggris dan seluruh Eropa,” kata bank sentral mengutip Antara.

BoE terus memerangi inflasi yang melonjak di negara itu dan para pembuat kebijakan khawatir tentang pertumbuhan ekonominya di masa depan.

Menurut BoE, Indeks Harga Konsumen (IHK) di negara tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 13 persen pada kuartal keempat tahun 2022, dan akan tetap pada tingkat yang sangat tinggi sepanjang tahun 2023, sebelum jatuh ke target 2,0 persen dalam dua tahun ke depan.

Bank sentral juga memperingatkan bahwa ekonomi Inggris akan memasuki resesi dari kuartal keempat tahun ini, menambahkan bahwa pendapatan pasca-pajak rumah tangga riil akan turun tajam pada 2022 dan 2023, dan pertumbuhan konsumsi akan berubah negatif.

Dalam pernyataan itu, BoE menegaskan kembali pendiriannya untuk mengembalikan inflasi ke target 2,0 persen, dengan mengatakan akan, jika perlu, “bertindak tegas sebagai tanggapan.”(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs