Rabu, 6 Juli 2022

Camat Genteng: CFD Ngabuburit Tunjungan Gerakkan Perekonomian UMKM

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
UMKM di CFD Ngabuburit Tunjungan di Jalan Tanjung Anom, Surabaya, Minggu (10/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Muhammad Aries Hilmi Camat Genteng menyambut positif pelaksanaan Car Free Day (CFD) Ramadan secara perdana di Jalan Tunjungan Kota Surabaya, yang mampu menggerakkan perekonomian warganya.

“Alhamdulilah UMKM Genteng berkesempatan untuk berpartisipasi menjual dagangannya di Car Free Day. Saya lihat tadi rata-rata memuaskan penjualannya,” Kata Aries kepada suarasurabaya.net, Minggu (10/4/2022)

CFD perdana di bulan Ramadan ini, dianggap berhasil menjadi stimulus yang membantu mengangkat perekonomian masyarakat dari kelurahan Genteng, Ketabang, Peneleh dan sekitarnya.

“Dari total 36 UMKM, 23 di antaranya dari kecamatan Genteng,” jelasnya.

Sentra Kuliner untuk UMKM di CFD Tunjungan sendiri terbagi menjadi dua titik, yakni 21 UMKM di Jalan Genteng Besar dan 15 UMKM di Jalan Tanjung Anom.

Tingginya antusias para pelaku UMKM dalam CFD kali ini, membuat Kecamatan Genteng harus melakukan kurasi khusus untuk meloloskan beberapa UMKM yang di beri kesempatan untuk menggelar dagangannya di event tersebut.

“Dari banyaknya UMKM yang kita bina, kita lakukan kurasi dari segi rasa, kemasan dan sajian. Kita meloloskan UMKM dengan kurasi terbaik,” jelasnya.

“Semoga CFD bisa berjalan sesuai jadwal sehingga kami bisa tampilkan UMKM terbaik kami. Nanti akan kita koordinasikan lebih lanjut, apakah nanti perlu kita gilir untuk UMKM yang akan dihadirkan. Syukur-syukur ada penambahan kuota dari Pemkot,” imbuhnya.

UMKM di CFD Ngabuburit Tunjungan untuk titik Genteng Besar, Surabaya pada Minggu (10/4/2022). Foto: Tim redaksi suarasurabaya.net

Camat Genteng tersebut menambahkan, bagi pelaku UMKM yang ingin mendaftar untuk berpartisipasi di CFD yang akan datang, dipersilahkan untuk menghubungi kelurahan masing-masing.

“Bisa daftar ke kelurahan masing-masing setelah itu akan dilakukan kurasi dari kelurahan,” kata dia.

Menurutnya, UMKM yang diberi kesempatan berjualan memang diutamakan dari binaan yang sudah mengikuti pelatihan.

Sementara itu, Luluk Listyowati salah satu pedagang yang telah mengikuti program UMKM Binaan Kecamatan Genteng sejak 2018, juga menyambut baik gelaran ini.

“Alhamdulilah bisa jadi salah satu yang lolos kurasi,” ungkapnya.

Luluk menyampaikan terima kasih atas inisiasi program ini dan dukungan dari Camat Genteng serta Pemkot Surabaya.

“Ini booth rombongnya juga kita dapat pinjaman dari Pemkot,” pungkas Luluk.

Sebagai informasi, CFD Ngabuburit akan digelar oleh Pemerintah Kota Surabaya di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo. CFD ini akan digelar selama bulan Ramadan pada pukul 15.00-18.00 WIB, dan hanya akan digelar pada tanggal 10, 17, dan 24 April 2022. (tha/bil/iss)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
24o
Kurs