Jumat, 26 April 2024

Dukung Program YESS Kementan, Kadin Jatim Beri Pendampingan pada Petani Milenial

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dr. Edi Purwanto Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian dan Pangan Kadin Jatim (sisi kiri) sedang memberikan penjelasan tentang besarnya potensi sektor pertanian di Jatim saat workshop "Membangun jejaring dan pengembangan bisnis" dalam program YESS dari Kementerian Pertanian RI di Surabaya, Minggu (4/12/2022). Foto: Kadin Jatim

Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) memberikan dukungan penuh pada Program Youth Entrepreneurship And Employement Support Services (YESS) dari Kementerian Pertanian RI.

Dr. Edi Purwanto Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian dan Pangan Kadin Jatim mengatakan bahwa program YESS dari Kementan adalah salah satu solusi yang cukup jitu dalam meningkatkan kinerja sektor pertanian.

“Karena tujuannya untuk melahirkan petani muda wirausaha dan petani muda profesional yang memiliki kompetensi, maka ada sejumlah pihak yang digandeng, salah satunya Kadin Jatim. Dalam hal ini  Kadin Jatim akan memberikan saran, supervisi dan pendampingan kepada mereka,” ujar Edi Purwanto dikutip dari keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (5/12/2022).

Dia melanjutkan, Kadin Jatim juga akan memberikan motivasi kepada mereka untuk menjadi petani karena sebenarnya menjadi petani itu sangat luar biasa dan “keren”. Sebab sejauh ini, yang ada dalam pandangan mereka, menjadi petani hanya beraktifitas di sawah dan tidak elit.

“Kami dampingi mereka, kami beri pembekalan dengan meningkatkan skill wirausahanya ataupun skill petani profesional. Anak muda yang ingin ke jalur petani professional, misal ingin menjadi petani yang memiliki keahlian penangkaran beni, keahlian penanganan penyakit, ataupun teknologi  pertanian, kita beri pelatihan dan sertifikasinya,” kata Edi.

Upaya ini menurut Edi sangat strategis guna menyiapkan atau kaderisasi bidang pertanian. Karena kaderisasi di sektor pertanian saat ini menjadi persoalan kritis. Sangat sulit mencari anak muda yang memiliki kemauan kuat untuk terjun di pertanian.

“Sementara petani yang saat ini bergelut di sektor pertanian mayoritas berumur 50 tahun ke atas dengan jenjang pendidikan yang belum memadai sehingga sulit untuk diajak berubah. Maka solusinya adalah dengan menghadirkan anak-anak muda milenial yang mudah diajak berubah. Mereka ini nantinya akan menjadi agen perubahan di sektor pertanian,” tuturnya.

“Program ini adalah bagian dari ikhtiar kami bersama untuk menumbuhkan kembali rasa cinta generasi muda kepada sektor pertanian. Kami berupaya menyampaikan kepada segenap pihak bahwa profesi petani sangat menjanjikan,” tambah Edi.

Program YESS yang didelegasikan kepada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang ini ditujukan untuk menciptakan atau melahirkan petani muda wirausaha dan petani muda professional yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Dr. Setya Budhi Udrayana Direktur Polbangtan mengatakan, program yang dimulai sejak tahun 2019-2025 ini telah berhasil mengintervensi puluhan ribu anak muda di seluruh Indonesia untuk ikut berkecimpung dalam usaha tani.

“Hingga tahun ini, ada sekitar 40.000 anak muda milenial yang sudah mendapatkan bimbingan untuk menjadi kader petani. Untuk Jatim, program Yess telah menunjuk empat kabupaten sebagai pilot project, yaitu kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Tulungagung dan dan Kabupaten Pacitan” ungkap Dr. Setya Budhi Udrayana.(gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs