Minggu, 19 Mei 2024

Kadin Jatim Berharap Satu Data Permudah Pengusaha dan Investor Masuk ke Jatim

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim bersama Hudiyono Kepala Diskominfo Jatim dalam gelar wicara Kopilaborasi di Hall Suara Surabaya Center, Kamis (3/2/2022). Foto: Istimewa

Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim mengatakan, pengusaha dan investor akan mendukung penuh perwujudan Satu Data Pemprov Jatim.

“Program Pemprov Jatim itu sangat didukung masyarakat dan pengusaha Jatim karena akan memudahkan masyarakat, khususnya pengusaha Jatim dan luar Jatim, atau bahkan luar negeri,” katanya.

Dia menyampaikan itu dalam gelar wicara Kopilaborasi di Hall Suara Surabaya Center, Kamis (3/2/2022), bersama Hudiyono Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo dan Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi / Manager Produksi Suara Surabaya Media.

Selama ini, kata Adik, para pengusaha dan juga para investor mengumpulkan data yang mereka butuhkan dengan mendatangi kantor dinas tertentu atau mengunjungi situs webnya satu per satu.

“Sekarang masih seperti itu. Setidaknya harus mengunjungi situs web dinas terkait satu per satu. Maka dengan adanya big data, pengusaha dan investor hanya tinggal mengakses di satu pintu,” ujarnya.

Kadin Jatim sendiri, kata Adik, saat ini memiliki jumlah data yang tidak sedikit terkait beberapa hal. Salah satunya tentang tenaga kerja berkompeten yang juga menjadi referensi pengusaha.

“Kami juga bekerja sama dalam rencana Satu Data ini, karena kami punya data tenaga kerja kompeten. Pengusaha yang ingin berinvestasi juga ingin tahu kondisi SDM, dan selama ini belum ada,” ujarnya.

Satu Data Pemprov Jatim, kata Adik, juga akan membantu para investor dalam memutuskan langkah investasi di sejumlah bidang. Salah satunya adalah di bidang pertanian.

“Misalnya terkait lahan, ketinggian lahan, juga kandungan tanah, sehingga investor akan tahu apa yang mereka butuhkan, pupuk apa yang harus dipakai. Satu Data akan sangat mempermudah,” ujarnya.(den/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs