Jumat, 29 Maret 2024

Kembalikan Kejayaan, Pasar Turi Reborn Siap Jadi Pasar Grosir Terbesar di Indonesia Timur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pasar Turi Baru pada Selasa (22/3/2022) Foto: Tim Redaksi suarasurabaya.net

Pasar Turi Baru yang akan di-grand launching pada 28 Maret 2022 mendatang sudah mulai bisa diakses pembeli.

Kesiapan fasilitas sudah mencapai 90 persen. Gedung dengan luas lahan 22.000 meter persegi ini dilengkapi dengan 9 lantai.

“Ada 300 stand pedagang sudah siap. Setiap hari akan berangsur-angsur bertambah pedagang yang mulai membuka kembali stand-nya,” jelas Teddy Supriyadi General Manager Pasar Turi Baru kepada suarasurabaya.net saat ditemui saat peninjauan progress persiapan Pasar Turi Baru, Selasa (22/3/2022).

Teddy menyampaikan, manajemen Pasar Turi Baru memberikan harga khusus bagi 157 pedagang Pasar Turi Lama yang sebelumnya menjajakan dagangannya di tempat penampungan sementara (TPS).

“Khusus untuk pedagang lama, kita bekerjasama dengan Pemkot. Ada harga subsidi ya, di angka Rp150 juta. Untuk pedagang baru di luar korban kebakaran Pasar Turi, harganya variatif mulai dari Rp600 juta sekian,” terangnya.

Anas Karno Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya (baju putih) dan Teddy Supriyono General Manager Pasar Turi Baru (baju bergaris) berdialog dengan pedagang Pasar Turi Baru, Selasa (22/3/2022) Foto : Tim Suara Surabaya

Dalam rangka mengembalikan Pasar Turi sebagai ikon pasar grosir terbesar di Indonesia Timur, Teddy juga menyampaikan akan ada terobosan untuk men-support promosi penjualan di Pasar Turi berupa edukasi dan pendampingan bagi para pedagang untuk memanfaatkan marketplace di beberapa platform.

Teddy juga menambahkan bahwa Pasar Turi Baru ini nantinya mampu meraup omset Rp20 miliar per bulan jika okupansi sudah mencapai 100 persen.

“Kami kan ibarat bayi yang baru lahir ya. Tapi kami targetkan total okupansi nya mencapai 80-90 persen pada trimester kedua di akhir tahun ini, ” imbuh Teddy.

Keistimewaan Pasar Turi Baru ini juga bisa dilihat dari sisi aksesibilitasnya. Dari total 9 lantai, tersedia 3 lantai khusus untuk area parkir.

“Area parkir kita bisa menampung enam ribu kendaraan. Untuk truk-truk berukuran besar juga bisa langsung naik ke atas untuk memudahkan pengangkutan. Nantinya akses jalan depan Pasar Turi ini juga akan semakin luas setelah pembongkaran TPS selesai,” jelasnya.

Sementara itu Anas Karno Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya saat sidak di lokasi berharap momen Ramadan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Pasar Turi Baru nantinya.

“Semoga perekonomian ini bisa bangkit dan tumbuh di Bulan Ramadan. Saya juga melihat, proses pembongkaran kemarin dilakukan secara humanis,” kata Anas.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs