Jumat, 19 April 2024

Kemenko Marves: Target Produksi Dua Juta Ton Udang pada 2024 Terhambat Kredit

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mochammad Firman Hidayat Plt Deputi Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi berbicara dalam National Shrimp Action Forum di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Mochammad Firman Hidayat Plt Deputi Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi (Marves) mengungkapkan kredit yang rendah menjadi salah satu tantangan mencapai target produksi dua juta ton udang dan peningkatan ekspor udang sebesar 250 persen pada 2024.

Melansir Antara, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), realisasi kredit usaha rakyat (KUR) sektor perikanan pada 2021 hanya Rp8,05 triliun dengan 231.329 debitur.

Jumlah itu jauh lebih rendah dari realisasi KUR pertanian yang mencapai Rp69,2 triliun dengan 2,12 juta debitur.

“Padahal kita punya potensi maritim laut yang sangat besar, tidak kalah dengan pertanian, tapi jumlah financing yang diberikan kepada perikanan sangat kecil. Tanpa ada financing, mencapai target susah dilakukan,” katanya dalam National Shrimp Action Forum di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Menurut Firman, rendahnya kredit perikanan kemungkinan disebabkan karena perikanan dinilai memiliki risiko tinggi. Namun, ia meyakini, dengan potensinya yang menggiurkan ke depan, pendanaan perikanan akan bisa tumbuh.

“Melihat potensinya ke depan, juga karena isu ocean (laut) sendiri juga semakin berkembang dan ini jadi topik di global, saya kira perbankan juga sudah mulai lebih terbuka untuk bisa membantu berikan dorongan dari sisi pembiayaan ke sektor perikanan,” imbuhnya.

Firman mengemukakan hingga 2021, realisasi ekspor udang baru mencapai 2,2 miliar dolar AS. Targetnya, pada 2024 mendatang ekspor udang bisa mencapai 4,3 miliar dolar AS.

“Jadi kita harus double ekspor dalam waktu kurang dari dua tahun, dari 2,2 miliar dolar AS ke 4,3 miliar dolar AS. Produksi juga targetnya dua juta ton, sementara 2021 baru kurang dari satu juta ton, hanya 881 ribu ton. Artinya, dalam kurun waktu dua tahun harus bisa meningkatkan produksi dua kali lipat juga,” ungkapnya.

Firman menambahkan pemerintah juga akan berkolaborasi dengan perbankan agar target peningkatan produksi dan ekspor udang bisa tercapai. Terlebih, target tersebut pun masuk dalam prioritas pembangunan nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut Binsar Pandjaitan Menko Kemaritiman dan Investasi meminta perbankan untuk bisa mendukung kebangkitan industri udang nasional dengan peran yang proaktif.

“Kepada kalangan perbankan, saya mohon, institusi penegak hukum, para akademisi, pemerintah daerah agar dapat mendukung kebangkitan industri udang nasional ini dengan peran yang proaktif, pemberian skema kredit yang mudah, pemenuhan kepatuhan hukum yang tepat, sehingga kegiatan usaha dapat secara produktif dijalankan, serta terbangun iklim usaha yang kondusif untuk investasi udang nasional,” kata Luhut.(ant/gat/dfn)

Berita Terkait

Timur Tengah, Incaran Baru Ekspor Udang

Ekspor Udang Indonesia Turun 20 %


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs