Jumat, 19 April 2024

Manfaatkan Reses DPR, Misbakhun Kenalkan QRIS ke Warga Pasuruan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Mukhamad Misbakhun anggota Komisi XI DPR. Foto: Istimewa

Mukhamad Misbakhun anggota Komisi XI DPR mengajak konstituennya di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Menurutnya, aplikasi buatan Bank Indonesia (BI) itu akan memudahkan warga bertransaksi secara aman.

“BI membangun sistem pembayaran digital yang sangat kuat untuk menopang daya dukung teknologi yang memadai supaya sistem keamanannya terjamin,” ujar Misbakhun saat menemui konstituennya dalam rangka reses DPR sekaligus menjadi pembicara ‘Seminar Nasional Peran Financial Technology bagi Industri Pariwisata’ di Dusun Magersari, Desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, seperti dalam keterangannya, Kamis (24/2/2022).

Misbakhum menegaskan masyarakat yang memanfaatkan QRIS akan memperoleh banyak keuntungan. Selain memudahkan transaksi, kata Misbakhun, QRIS juga mementingkan keamanan penggunanya.

“Yang pasti bapak dan ibu sekalian tidak akan kecopetan uang atau dompet. Yang perlu dijaga dan diwaspadai, ya, handphone bapak ibu sekalian, karena semuanya tersimpan di situ, termasuk tabungan QRIS-nya,” ujarnya.

Misbakhum mengatakan pandemi Covid-19 mengubah banyak perilaku masyarakat, termasuk dalam bertransaksi dan  BI mengantisipasi hal itu dengan melakukan digitalisasi.

“Maka dari itu, BI merancang sistem pembayaran digital QRIS ini,” kata Misbakhun.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu menuturkan sistem QRIS sangat membantu para pelaku pariwisata, seperti di Desa Wisata Pleret, Kecamatan Pohjentrek. Di desa itu Dam Pleret yang kini menjadi destinasi penyuka wisata air.

“Saya juga sudah memasukkan sistem QRIS ini di Pasar Besar Kota, Pasar Karang Ketug, dan Pasar Kebon Agung di Kabupaten Pasuruan. Tiga pasar itu jadi percontohan sistem QRIS di daerah ini,” kata Misbakhun.(faz/man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs