Kamis, 18 April 2024

Menkeu Ungkap Penetrasi Internet Tumbuh Lebih Tinggi Ketimbang Pertumbuhan Ekonomi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Internet.

Sri Mulyani Menteri Keuangan (Menkeu) mengatakan penetrasi internet di Indonesia tumbuh dua atau tiga kali lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi.

“Pada awalnya penetrasi internet di Indonesia sebenarnya masih sangat rendah, namun kini meningkat dengan laju pertumbuhan 15 persen hingga 20 persen,” ucap Sri Mulyani pada “4th Indonesia Fintech Summit – Moving Forward Together Day 2” yang dipantau Antara secara daring, Jumat (11/11/2022).

Maka dari itu, menurut dia, perkembangan tersebut menjadi salah satu potensi ekonomi digital dan industri fintech untuk benar-benar terus berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Selain penetrasi internet, perkiraan nilai ekonomi digital domestik yang sebesar 133 miliar dolar AS pada 2025 atau 30 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), juga menjadi potensi ekonomi digital dan industri fintech untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Apalagi, lanjutnya, mayoritas penduduk Indonesia 53 – 55 persen merupakan generasi Z dan generasi milenial, yang secara alami mempelajari digitalisasi.

Menkeu menambahkan pandemi yang banyak mengubah atau memaksa masyarakat untuk beralih ke ekonomi digital, baik dari sisi permintaan maupun sisi penawaran turut menjadi potensi pengembangan ekonomi digital dan industri fintech.

Dari sisi permintaan, kata dia, masyarakat merasa ingin menghindari kontak fisik sehingga mengunduh aplikasi untuk berbagai transaksi, mulai dari perbankan hingga untuk transaksi ritel. Sementara dari sisi penawaran, perusahaan besar maupun usaha kecil menengah pun perlu menempatkan produk di platform untuk terhubung dengan pasar.

“Indonesia ingin mendigitalkan usaha kecil menengah dengan target 50 persen, jika berbicara tentang 64 juta usaha kecil menengah. Itu benar-benar lompatan besar,” ujar Sri Mulyani.

Dengan demikian Bendahara Negara tersebut mengatakan pemerintah terus menyediakan berbagai kebijakan yang diperlukan guna menumbuhkan kegiatan ekonomi berdasarkan fintech dan ekonomi digital.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs