Minggu, 3 Maret 2024

Misi Dagang Jatim-Aceh Catat Transaksi Rp197 Miliar dalam Delapan Jam

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kanan) saat menghadiri misi dagang dengan Provinsi Nangroe Aceh Darusaalam di Banda Aceh, Selasa (25/10/2022). Foto: Biro Adpim Jatim

Misi dagang antara Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan Nangroe Aceh Darussalam mencatat transaksi Rp197,02 miliar.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengungkapkan misi dagang hari ini berlangsung selama delapan jam di Banda Aceh.

“Ini adalah hubungan kerja sama yang dilakukan secara proaktif oleh Provinsi Jatim dan Aceh. Sehingga neraca perdagangan kedua provinsi akan dapat saling terdongkrak,” katanya melalui keterangan tertulis yang dilansir Antara, Selasa malam (26/10/2022).

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menyampaikan misi dagang yang dilakukan dengan provinsi mitra adalah bentuk kolaborasi lintas sektor.

Hingga saat ini, Jawa Timur telah menggelar misi dagang ke 27 provinsi.

“Jatim dan Aceh telah menjalin hubungan dagang yang luar biasa. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tercatat transaksi Rp 34,12 miliar pada tahun 2021. Alhamdulillah hari ini selama delapan jam tercatat 33 transaksi dengan total nilai 197 miliar ,” ujar Khofifah.

Angka tersebut terdiri dari nilai muat atau penjualan Jatim atas Aceh sebesar Rp161,8 miliar.

Beberapa komoditas yang disuplai Jatim untuk Aceh antara lain bahan bangunan, rokok, tekstil, bahan baku kulit , kerjasama pengelolaan kawasan industri serta alat kesehatan.

Sementara nilai bongkar atau pembelian Jatim atas Aceh mencapai Rp 35,1 miliar untuk beberapa komoditas, antara lain udang vaname, kopra, hingga kepiting soka.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs