Selasa, 16 Agustus 2022

Pendapatan Anak Perusahaan PT KAI Naik 25 Persen dari Parkir dan Penjualan Makanan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rizki Respati Branch Manager PT Reska Multi Usaha Branch Office 8 Surabaya saat di temui di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Minggu (1/5/2022) Foto: Retha Yuniar suarasurabaya.net

PT Reska Multi Usaha, anak perusahaan PT KAI, mencatatkan kenaikan pendapatan seiring meningkatnya jumlah penumpang kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022.

“Untuk masa angkutan lebaran kali ini kita berhasil melampaui target antara 20 sampai 25 persen,” kata Rizki Respati Branch Manager PT Reska Multi Usaha Branch Office 8 Surabaya pada suarasurabaya.net, Minggu (1/5/2022).

PT Reska Multi Usaha (RMU) adalah anak perusahaan PT KAI yang melayani jasa layanan untuk penumpang kereta. Produk dan layanan RMU antara lain restorasi kereta api, pelayanan di atas kereta, catering, restoran dan kafe, parkir, jasa kebersihan bangunan dan sarana, cuci kereta, Res-TV, dan pendukung kenyamanan.

Riski merinci, untuk layanan parkir Stasiun Surabaya Pasar Turi, tercatat sudah ada 973 unit mobil yang transit sejak pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Sementara untuk motor, tercatat ada 627 unit.

Padahal, kapasitasnya parkiran di stasiun tersebut hanya 200 unit untuk roda empat, dan 500 unit untuk roda 627.

Begitupun di stasiun Gubeng hingga pantauan pukul 15.00 sore ini tercatat sudah ada 869 unit mobil dan 414 unit motor terparkir. Dari kapasitas maksimal roda 4 di angka 170 unit dan 700 unit untuk motor.

“Sementara untuk Stasiun Malang, kapasitas maksimal untuk roda dua di 150 unit dan 60 unit untuk roda 4. Hari ini tercatat sudah ada 320 unit mobil dan 212 unit motor yang transit. Ini terlepas dari kendaraan penumpang maupun pengantar ya,” papar Rizki.

Riski menuturkan, kenaikan ini sejalan dengan peningkatan okupansi (kepadatan) penumpang Kereta Api pada masa angkutan lebaran.

Tak hanya dari layanan parkir, kenaikan juga terjadi di sektor layanan makanan.

“Untuk layanan makanan sendiri hampir sama, ada kenaikan di kisaran 20 sampai 25 persen,” terangnya.

Layanan Restorasi di dalam Kereta Api selama masa angkutan lebaran, Foto: Doc PT Reska Multi Usaha

Khusus pada masa angkutan lebaran kali ini, PT Reska Multi Usaha juga menyediakan live cooking di gerbong restorasi kereta untuk menu Se’i Sapi, yang menurut Rizki menjadi menu andalan dan favorit penumpang.

“Khusus menu Se’i Sapi, ada live cooking di gerbong restorasi. Ini menu baru yang hanya bisa dinikmati di Kereta excelent Argo Bromo Anggrek, dan Agrowilis,” imbuhnya.

Layanan live cooking, kata Rizki, akan di hadirkan pada Kereta Api lainnya jika minat masyarakat baik. Selain itu, adapula tambahan 5 menu Korea untuk kereta api yang khusus berangkat dari Pasar Senen dan Gambir Jakarta.

Untuk memaksimalkan pelayanan kebersihan, PT Reska Multi Usaha juga memberlakukan time army. “Petugas kebersihan tambahan yang akan membersihkan kereta dalam kurun waktu kurang dari 3 menit. Di tuntut cepat karena pembersihan dilakukan saat kereta transit di wilayah tengah. Kan hanya transit kurang dari 15 menit. Itu kami maksimalkan,” tuturnya.

Pelayanan Daerah Operasional 8, lanjut Rizki, telah menambahkan sekitar 20 personel tambahan khusus untuk menangani kebersihan. (tha/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
27o
Kurs