Sabtu, 27 April 2024

PT KAI Berikan Layanan Tambahan Bagi Penumpang KA Jarak Jauh

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penumpang memasuki Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Gubeng Surabaya, Senin (25/4/2022) Foto: Retha Yuniar suarasurabaya.net

PT KAI (Persero) kembali mengajak masyarakat untuk mengawali mudik menggunakan transportasi massal kereta api, guna mengurangi kepadatan lalu lintas saat lebaran. PT KAI  telah menyiapkan paket healthy kits, buku gambar dan takjil gratis di 10 hari terakir Ramadan, sebagai salah satu bentuk peningkatan pelayanan untuk mendukung ajakan tersebut.

“KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api agar mengurangi kepadatan menjelang hari lebaran. Hal tersebut juga sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api,” kata Luqman Arif Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 8 Surabaya, Senin (25/4/2022).

Selama empat hari masa angkutan Lebaran 2022, lanjut Luqman, tercatat sebanyak 29.244 pelanggan telah menggunakan jasa angkutan kereta api.

“Data itu terdiri dari 8.768 yang naik dari surabaya gubeng, 8.839 dari stasiun pasar turi dan 5.424 naik dari stasiun malang,” paparnya

Masa arus mudik, diperkirakan akan terjadi pada tanggal 29 April 2022, yang saat ini masih tercatat sekitar 17.800 pelanggan naik dari stasiun wilayah Daerah operasional 8 Surabaya.

Untuk menarik minat konsumen, KAI memberikan layanan takjil gratis kepada penumpang yang telah melakukan boarding pada pukul 17.00 WIB, atau 1 jam sebelum waktu berbuka puasa selama 10 hari terakhir Ramadan atau 22 sampai dengan 1 Mei 2022.

“Layanan ini bisa dinikmati untuk penumpang yang sudah boarding minimal satu jam sebelum jam berbuka,” kata Luqman.

Dia menjelaskan, setiap pelanggan akan mendapatkan 1 paket takjil yang berisikan berupa roti, air mineral, dan kurma.

“KAI Daop 8 Surabaya menyediakan sebanyak 500 paket dan disebar di 3 stasiun yaitu Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang,” tuturnya.

Program pemberian takjil gratis ini rutin di laksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KA Jarak Jauh selama bulan puasa.

“Dengan adanya Takjil Gratis ini, pelanggan tidak perlu repot menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa saat berada di Stasiun,” kata Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya tersebut.

Pembagian takjil jelang buka Puasa untuk penumpang KA jarak jauh, Senin (25/4/2022). Foto: Humas KAI Daop 8

Selain itu, KAI juga berpesan kepada seluruh pelanggan, untuk tetap menerapakan protokol kesehatan dengan segera memakai masker kembali setelah selesai makan dan minum.

“Dengan adanya program takjil gratis ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan di masa Angkutan Lebaran ini,” ujarnya.

Disamping itu, lanjut Luqman, KAI juga memberikan paket buku mewarnai kepada pelanggan kereta api jarak jauh kelas komersial, yang berusia 10 tahun kebawah selama masa angkutan Lebaran 2022. (tha/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs