Jumat, 29 Maret 2024

Percepat Pemulihan Ekonomi Daerah, OJK Resmikan Kantor Baru di Tiga Kota

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur meresmikan soft launching Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur yang terletak di Jalan Gubernur Suryo Nomor 28-30 Surabaya, Selasa (15/3/2022). Foto: Istimewa

Wimboh Santoso Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan soft launching Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur yang terletak di Jalan Gubernur Suryo Nomor 28-30 Surabaya, Selasa (15/3/2022).

Ini berarti total ada tiga kantor baru yang telah diresmikan dalam waktu berdekatan, sebelumnya telah diresmikan  kantor OJK Purwokerto,  kantor OJK Malang dan kantor OJK Surabaya.

“Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini akan memberikan ruang yang lebih luas bagi OJK dan sektor keuangan untuk dapat memberikan perannya dalam kontribusi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur,“ kata Wimboh usai peresmian.

Wimboh menerangkan untuk mewujudkan gedung-gedung kantor OJK di daerah, OJK tidak menunggu untuk diberikan tetapi mengupayakannya sendiri dengan dana yang berasal dari pungutan yang dikelola dan dioptimalisasi tanpa harus mengurangi kualitas penggunaan anggaran untuk pelaksanaan core function pengawasan sektor jasa keuangan.

Selama satu dasawarsa sejak OJK beroperasi, lanjut Wimboh, OJK telah memiliki 14 gedung kantor yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

“Gedung kantor OJK ini menonjolkan menara integritas yang komponennya terdiri dari lima garis vertikal yang menjulang tinggi yang menggambarkan lima nilai Pancasila dan lima nilai nilai strategis OJK yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Inklusif, dan Visioner (INPRESIV),” jelasnya.

Pada peresmian tersebut, Khofifah Indar Parawansa  Gubernur Provinsi Jawa Timur menyampaikan ucapan selamat atas soft launching gedung kantor OJK Regional 4 Jawa Timur.

Khofifah berharap di tengah format transformasi digital ilegal yang saat ini marak di masyarakat, OJK dapat semakin menunjukkan perannya untuk melakukan perlindungan konsumen serta semakin giat mengedukasi masyarakat.

“Hadirnya kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini juga diharapkan dapat menjadi penguat seluruh proses perjalanan industri jasa keuangan di Jawa Timur, termasuk dalam peranan OJK dalam mempermudah akses keuangan daerah,” ujar Khofifah.

Sementara itu, Indah Kurnia Anggota Komisi XI DPR RI berharap dengan soft launching Gedung kantor OJK Regional 4 Jawa Timur secara mandiri dan berharap OJK dapat meningkatkan kecerdasan keuangan masyarakat Jawa Timur.

“OJK selaku salah satu pilar dari KSSK diharapkan dapat berkolaborasi dengan stakeholder untuk membuat pemahaman yang lebih dalam kepada masyarakat untuk dapat memilih dan memilah dengan benar produk jasa keuangan, termasuk investasi dan pembiayaan. Dengan hadirnya OJK di daerah, maka harus dapat membuat masyarakat semakin cerdas keuangan.” kata Indah.

Indah menambahkan bahwa OJK harus melaksanakan fungsi pengawasan dan pengaturan terhadap lembaga jasa keuangan, serta perlindungan konsumen dengan lebih detil dan masif sehingga percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat dicapai bersama. Hal ini sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia yaitu “recover together, recover stronger”.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs