Jumat, 3 Mei 2024

PLN Perbaiki Gardu Induk Buduran Tanpa Padamkan Aliran Listrik

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas PT PLN (Persero) memperbaiki anomali hotspot di Gardu Induk (GI) Buduran. Foto: PLN

PT PLN (Persero) memperbaiki anomali hotspot di Gardu Induk (GI) Buduran tanpa memadamkan aliran listrik ke pelanggan. Pekerjaan ini merupakan upaya untuk menjaga kontinuitas penyaluran energi listrik.

GI Buduran menyuplai listrik untuk wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Gardu Induk ini pun menyuplai dua kawasan industri yang berlokasi di Sidoarjo, yaitu Sidoarjo Rangkah Industrial Estate (SIRIE) yang memiliki kurang lebih 50 Jumlah Tenant dengan daya listrik 60 MVA dan Safe N Lock Eco Industrial Park (SNLEIP) yang memiliki 296 Jumlah Tenant dengan daya listrik 60 MVA.

“Kami akan terus berupaya agar pelayanan ke seluruh pelanggan tidak mengalami kendala dan gangguan baik dari pelanggan rumah tangga hingga pelanggan prioritas,” kata Didik F. Dakhlan General Manager PLN UIT JBM.

Lebih lanjut lagi, Didik menjelaskan bahwa pekerjaan perbaikan di GI Buduran dapat diselesaikan dalam tiga hari sejak awal dimulainya pada awal pekan lalu (21/11/2022). GI Buduran yang menjadi backbone pada sistem kelistrikan (Waru – Buduran – Sidoarjo) yang memiliki tegangan 150 kV.

“Delapan personel Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dikerahkan dalam penyelesaian pekerjaan, sehingga dalam pelaksanaannya, PLN tidak perlu memadamkan aliran listrik ke pelanggan. Sekecil apapun yang berpotensi terjadinya gangguan penyaluran listrik, kami langsung lakukan pembenahan”, lanjut Didik.

Didik menjelaskan, selanjutnya petugas PLN akan terus melaksanakan pemantauan thermovisi secara berkala ke titik yang berpotensi terjadi anomali hotspot.

“Dengan rampungnya pekerjaan ini, diharapkan kesiapan instalasi di GI Buduran semakin andal dan kepuasan pelanggan akan meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN,” terang Chris Ismunandar Manager UPT Surabaya.(iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs