Senin, 15 Agustus 2022

PLN Siap Pasok Tenaga Listrik Berkualitas, Dorong Pemulihan Ekonomi di Jawa Timur

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Multi Stakeholder Forum 2022, Bangun Sinergi Berintegritas Bersama Menuju Jawa Timur Bangkit, Kamis (12/5/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Lasiran General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur menyampaikan seiring dengan pertumbuhan konsumsi listrik di Jawa Timur sebesar 4,62 persen pada bulan April 2022, PLN Grup Jawa Timur berkomitmen penuh menyediakan tenaga listrik yang andal dan berkualitas untuk mendorong pembangunan ekonomi di Jawa Timur.

“Kami menjamin kebutuhan listrik untuk industri di Jatim,” kata Lasiran dalam kegiatan Multi Stakeholder Forum 2022, Bangun Sinergi Berintegritas Bersama Menuju Jawa Timur Bangkit, Kamis (12/5/2022).

Lasiran menegaskan bahwa pelaku industri tidak usah khawatir  karena PLN menjamin kebutuhan listrik industri  di Jawa Timur sangat aman.

Di kesempatan yang sama, Nurkholis Kepala Dinas ESDM menyambut baik peran PLN Grup Jawa Timur dalam keterlibatannya mengembangkan potensi perekonomian di Jawa Timur melalui penyediaan listrik.

Nurkholis menyampaikan agar PLN meningkatkan daya mampu pembangkit untuk kepulauan-kepulauan di Jawa Timur sehingga pasokan listrik semakin andal,

“Kami mengapresiasi komitmen dan peran PLN Grup di Jawa Timur untuk pembangunan kelistrikan dan upaya melistriki wilayah-wilayah, serta beragam program seperti sambung listrik gratis dan seterusnya. PLN selama ini pun aktif mendukung beragam program pemerintah. Semoga melalui momen ini dapat mengeratkan sinergi dengan tujuan utama mendorong berputarnya roda perekonomian, khususnya pembangunan untuk Jawa Timur bangkit,” terang Nurkholis.

Lebih lanjut, sebagai upaya memastikan sistem kelistrikan andal sehingga penyaluran listrik kepada pelanggan aman, Didik Fauzi Dakhlan, General Manager PLN UIT JBM menyampaikan bahwa pemeliharaan jaringan tentunya dilakukan mulai dari pemeliharaan rutin hingga yang membutuhkan penanganan lebih intensif oleh pasukan elite PLN, Pasukan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

“Sebagai komitmen PLN untuk mendukung tingkat kebutuhan akan energi listrik di Jatim, PLN telah melakukan penambahan Interbus Trafo (IBT) 500 kV yang berada di Grati dan rekonduktoring jalur 150 kV Perak – Ujung,” ungkap Didik.

Ditambahkan juga oleh Muhammad Ramadansyah General Manager PLN UIP JBTB, PLN terus menggencarkan pembangunan kelistrikan berwawasan lingkungan.

“Untuk memperkuat sistem kelistrikan di Jawa Timur, kami telah menambah kapasitas transmisi dan penambahan kapasitas gardu induk, Diantaranya pembangunan transmisi 150 KV Tanggul – Puger, transmisi 150 KV New Kediri – New Tulung Agung – New Wlingi, pembangunan Gardu Induk 150 KV kawasan industri Sidoarjo, pembangunan gardu induk 150 KV new Tulungagung dan seterusnya,” pungkasnya. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Senin, 15 Agustus 2022
25o
Kurs