Jumat, 3 Mei 2024

Presiden RI Bahas Peningkatan Kerja Sama Ekonomi dengan Kerajaan Eswatini

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI menerima kunjungan Raja Mswati III dari Kerajaan Eswatini, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/8/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI pada Rabu (24/8/2022) siang, menerima kunjungan Raja Mswati III dari Kerajaan Eswatini, Afrika Selatan, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi.

“Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata. Tapi, momen itu juga digunakan Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi,” ujar Retno Marsudi Menteri Luar Negeri yang turut mendampingi Presiden selama pertemuan.

Menlu menjelaskan, sudah ada kemajuan dari pertemuan terakhir kedua pemimpin pada 2019 yaitu sudah adanya perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang wellness spa, di Eswatini.

Menurut Retno, hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya.

“Di dalam pertemuan tadi, Raja Eswatini mengatakan, dari perusahaan wellness yang berada di Eswatini, rencananya Eswatini akan mengimpor kosmetik-kosmetik produk Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, Presiden RI juga menjajaki kemungkinan supaya perusahaan swasta dan BUMN kedua negara lebih dekat lagi.

Rencananya, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi.

“Dua menteri luar negeri ditugaskan untuk melakukan mempersiapkan dokumen tersebut. Jadi, walaupun pembicaraannya singkat, tapi pembicaraan fokus pada upaya untuk peningkatan kerja sama ekonomi, termasuk di dalam bidang infrastruktur, energi, pariwisata, dan juga dari aspek kesehatan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Raja Mswati III pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015, dan 2019.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut Pramono Anung Sekretaris Kabinet. Sementara Raja Mswati III didampingi Thulisile Dladla Menteri Luar Negeri Eswatini.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs