Selasa, 5 Juli 2022

Rumah Padat Karya Prapen Surabaya Serap 106 Tenaga Kerja MBR

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang pekerja menyeterika baju di unit usaha penatu di Rumah Padat Karya Prapen, Kota Surabaya, Minggu (29/5/2022). Foto: Diskominfo Surabaya

Rumah Padat Karya di Jalan Kyai Abdullah No 17, Prapen, Kelurahan Panjang Jiwo Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, dilaporkan sudah menyerap 106 tenaga kerja dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Achmad Daya Prasetyono Camat Tenggilis Mejoyo di Surabaya, Minggu (29/5/2022) menjelaskan, bahwa Rumah Padat Karya Prapen meliputi tiga unit usaha, yakni usaha penatu, usaha jahit dan permak, serta usaha jasa cuci motor.

Untuk unit usaha penatu, telah menyerap 58 tenaga kerja dari kelompok MBR dan 23 orang di antaranya sudah mendapatkan pelatihan.

“Alhamdulillah saat ini kami juga sudah kerja sama dengan Hotel Zest dan sudah dapat order untuk laundry (penatu),” kata dia.

Selain itu, Camat Tenggilis Mejoyo menambahkan, saat ini sudah ada 29 mesin cuci yang dioperasikan di unit usaha penatu.

Sementara itu, unit usaha jahit dan permak di Rumah Padat Karya Prapen sudah memiliki 20 mesin jahit dan mempekerjakan 40 orang dari kelompok MBR.

“Yang sudah dilatih ada 20 MBR dan sisanya masih dilakukan pelatihan secara bertahap,” kata Achmad.

Selain itu, ia melanjutkan, Rumah Padat Karya Prapen juga telah menyerap delapan tenaga kerja lewat unit usaha jasa cuci motor.

“Total ada 106 MBR yang terserap di Rumah Padat Karya Prapen. Insya Allah ke depan mungkin kita bisa merajut kerja sama dengan pihak-pihak yang lain lagi,” kata dia.

Sebelumnya Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya pada Sabtu (28/5/2022) mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan aset bangunan rumah untuk mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi MBR.

“Selalu saya katakan, aset pemerintah ini akan saya gunakan seluruhnya untuk kepentingan umat. Jadi, aset pemerintah itu kalau tambak bisa dimanfaatkan untuk tambak. Tapi kalau bangunan rumah bisa digunakan untuk usaha laundry dan menjahit,” ujar Eri. (ant/bil/iss)

Rumah Padat Karya Prapen di Jalan Kyai Abdullah No 17 Prapen, Kelurahan Panjang Jiwo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya, Sabtu (28/5/2022). Foto : Diskomifo Kota Surabaya

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
30o
Kurs