Jumat, 19 April 2024

Rupiah Masih Melemah Dipicu Kekhawatiran Stagflasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Rupiah dan dolar AS. Foto: Istimewa

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu (8/6/2022) pagi, masih bergerak melemah dipicu kekhawatiran terjadinya stagflasi (kondisi ekonomi yang tidak bertumbuh dan di saat yang bersamaan terjadi inflasi).

Rupiah pagi ini bergerak melemah 10 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp14.464 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.454 per dolar AS.

“Nilai tukar rupiah masih berpotensi melemah terhadap dolar AS hari ini karena isu stagflasi,” kata Ariston Tjendra pengamat pasar uang saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Bank Dunia, dalam laporan riset yang dirilis Selasa (7/6/2022) malam menyebut, bahwa stagflasi karena kenaikan harga akibat Perang di Ukraina bisa memicu krisis keuangan di negara berkembang seperti kejadian pada 1970.

Selain itu, Bank Dunia menyebut bahwa resesi bakal sulit untuk dihindari. Untuk 2022, Bank Dunia memangkas pertumbuhan ekonomi dunia dari 4,1 persen menjadi 2,9 persen.

“Peringatan dari Bank Dunia ini bisa memberikan sentimen negatif ke nilai tukar emerging market terhadap dolar AS,” ujar Ariston.

Senada dengan Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan juga memberikan peringatan soal potensi krisis keuangan akibat kebijakan pengetatan moneter AS. Indonesia dinilai juga bisa terkena getahnya.

“Selain itu, isu The Fed yang akan menaikkan kembali suku bunga acuan AS secara agresif juga masih menekan nilai tukar lain terhadap dolar AS,” kata Ariston.

Ariston memperkirakan hari ini rupiah akan bergerak melemah ke level Rp14.500 per dolar AS dengan support di level Rp14.450 per dolar AS. Sementara pada Selasa, rupiah ditutup melemah 8 poin atau 0,06 persen ke posisi Rp14.454 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.446 per dolar AS. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs