Sabtu, 20 April 2024

Sandi Teken Sejumlah Kesepakatan Pengembangan Pariwisata

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Arifin Tasrif (kedua dari kanan) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Wayan Giri Adnyani (paling kanan) Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni, dan Hasto Wardoyo (paling kiri) Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam Gala Dinner Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Parekraf 2022 di Jakarta, Kamis (15/12/2022). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menandatangani Memorandum of Understanding/MoU tentang pengembangan pariwisata dengan sejumlah kementerian atau lembaga serta para pemangku kepentingan terkait.

Pertama, Menparekraf menandatangani MoU dengan Arifin Tasrif Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di sektor energi baru dan terbarukan.

“Penandatangan MoU ini untuk meningkatkan promosi dan kolaborasi bagi destinasi-destinasi seperti geopark bekas galian tambang dan sentra-sentra ekonomi kreatif,” kata Menparekraf di sela-sela Gala Dinner Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Parekraf 2022 di Jakarta, lewat keterangan resmi diterima Antara, Sabtu (17/12/2022).

Kemudian, pengesehan kerja sama antara Menparekraf dengan Hasto Wardoyo Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait kolaborasi pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana dengan program parekraf.

“Lewat kerja sama ini, kami ingin memberikan sosialisasi pemanfaatan produk ekonomi kreatif melawan stunting,” ucap dia.

Selain itu, dia bersama Ni Wayan Giri Adnyani Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Muhammad Aidil Muttaqin Ketua Umum Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) menandatangani MoU terkait penilaian hak kekayaan inteleklual sebagai objek pembiayaan.

“Ini sesuai dengan PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 24 tahun 2022 untuk objek pembiayaan. Kita harapkan ini menjadi langkah kolaborasi besar untuk mencapai tujuan kita dalam menyejahterakan masyarakat parekraf dengan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru,” ungkap Sandiaga.

Melalui Vinsensius Jemadu Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Sandiaga juga mengesahkan kerja sama dengan Deddy Bagus Pramono Country Leader & President Director PT Signify Commercial Indonesia terkait penyiapan infrastruktur penerangan di destinasi-destinasi wisata di Indonesia.

“Penyediaan pencahayaan terutama diperuntukkan bagi desa-desa wisata,” ujar Menparekraf.(ant/tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs