Jumat, 19 April 2024

Sandiaga Targetkan Pariwisata Serap 4,4 Juta Tenaga Kerja Baru di 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengamati produksi tas koja Suku Badui di Kanekes, Lebak, Banten, Sabtu (15/10/2022). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menargetkan penyerapan tenaga kerja baru sektor pariwisata mencapai 4,4 juta pada tahun 2024.

“Kita berharap penyerapan tenaga kerja itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Menparekraf di Lebak, Banten, Minggu (16/10/2022) dilansir Antara.

Penyerapan tenaga kerja sektor pariwisata, lanjutnya, memberikan dampak berantai cukup besar terhadap peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat. Selain itu juga dapat meningkatkan penyerapan lapangan pekerjaan hingga enam kali lipat.

Kemenparekraf pada tahun 2022 menargetkan penyerapan lapangan pekerjaan 1,2 juta dan tahun 2024 sebanyak 4,4 juta.

“Kami meyakini sektor pariwisata dapat menyumbangkan ekonomi masyarakat dan mampu mengatasi pengangguran,” kata Sandiaga Uno.

Pihaknya fokus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai inovasi dan kebijakan untuk membangun sektor pariwisata dengan melibatkan stakeholders, termasuk komunitas.

Saat ini, lanjutnya, Kemenparekraf menyelenggarakan lomba 50 desa wisata bersama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), dengan didampingi Bank Central Asia (BCA) dan komunitas lainnya.

Penyelenggaraan lomba desa wisata itu menjadi kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain itu juga untuk menggairahkan obyek wisata yang sempat lesu karena pandemi.

“Kami optimistis destinasi wisata kembali bangkit dan menyumbangkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs