Sabtu, 27 April 2024

Serapan UMKM Kota Surabaya Ditarget Rp 26,8 Triliun

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim Silaturahmi ke Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, di Balai Kota Surabaya, Jumat (8/4/2022). Foto : Diskominfo Kota Surabaya

Khofifah Indar Parawansa Gubenur Jawa Timur menyampaikan jika serapan UMKM dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ditarget oleh pemerintah pusat mencapai Rp 26,8 triliun.

“Skala APBD Surabaya paling besar di Jawa timur, sehingga belanja untuk APBD terkait dengan PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa) untuk UMKM menjadi signifikan,” kata Khofifah saat menemui Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, di Balai Kota Surabaya, Jumat (8/4/2022)

Menurut Khofifah, format-format yang sudah dilakukan oleh Wali Kota Surabaya bersama jajaran pemkot sudah sangat cukup memberikan gambaran bahwa target pemerintah pusat Rp 26,8 triliun bisa dicapai.

“Makanya, ini harus cocok-cocokan pikiran, sehingga sektor UMKM yang harus di create dan proses kurasinya serta akses marketnya harus bisa terkonsolidasikan,” tegasnya.

Sementara itu, menanggapi hasil pertemuan dengan Gubenur Jawa Timur, Eri Cahyadi mengatakan pertemuan tadi banyak membahas tentang penanggulangan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), menggerakkan ekonomi kerakyatan, menggerakkan pasar, dan pengembangan wisata. Termasuk pula soal aset pemkot yang digunakan untuk UMKM dan juga APBD 40 persen untuk PJB UMKM.

“Setelah kita paparkan, ternyata sudah sejalan dengan apa yang diinginkan dan dipikirkan oleh beliau. Jadi, langkah yang kita lakukan sudah sejalan dan selaras berkat arahan dan bimbingan Ibu Gubernur. Saya selalu sampaikan bahwa Pemkot Surabaya ini harus in line dengan Pemprov Jatim, tadi sudah disampaikan Ibu gubernur langkah-langkah kita,” kata Eri Cahyadi.

Eri berharap, dengan adanya pertemuan ini sinergi pemkot dengan pemprov bisa terus ditingkatkan ke depannya. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs