Sabtu, 27 April 2024

Stok Pertalite Kosong di Beberapa SPBU, Diduga Karena Keterlambatan Pengiriman

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Antrean kendaraan pembeli Pertalite di SPBU Sekardangan, Sidoarjo pada Senin (4/4/2022). Foto: Iskandar via WhatsApp Suara Surabaya

Stok BBM jenis Pertalite di beberapa SPBU masih kosong setelah fase panic buying yang dipicu naiknya harga BBM jenis Pertamax.

Pendengar Radio Suara Surabaya melaporkan masih menemukan kekosongan stok Pertalite di SPBU Mayjen Sungkono, Surabaya; Driyorejo, Gresik; Pacitan; Beji, Pasuruan; Gayam, Jombang; Taman dan Wadung Asri, Sidoarjo.

“SPBU Wadung Asri Pertalite kosong, pindah ke SPBU MERR Pertalite ready,” kata Mashudi, pendengar, Senin pagi (4/4/2022).

Hadi Setyawan, pendengar, melaporkan, pada Minggu (3/4/2022) pukul 20.00 WIB, Pertalite habis di SPBU Beji, Pasuruan.

Senasib, di hari yang sama Faricha Hanum, pendengar, tidak mendapatkan Pertalite di SPBU Mayjen Sungkono.

Kemudian, Angga, pendengar, melaporkan Pertalite dan Pertamax di SPBU kosong sejak hari Minggu kemarin.

“Pertalite di SPBU Aloha sudah ada. Kemarin sempat kosong. Kalau pagi tidak ada, nanti siang ada lagi,” kata Agus Taufan, pendengar.

Baca juga: Pertamina Minta Masyarakat Tak Perlu Panic Buying Pertalite

Menanggapi laporan ini, Kombespol Farman Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jatim mengatakan pihaknya terus melakukan pengawasan pada distribusi dan kemungkinan penyimpangan BBM. Polisi juga terus berkoordinasi dengan Pertamina untuk ketersediaan BBM.

“Data yang kami dapatkan dari Pertamina stok pertalite untuk sepuluh hari ke depan masih aman. Tidak mungkin saat ini terjadi kelangkaan,” ujarnya.

Kalau ada stok BBM yang kosong, menurut Farman, penyebabnya adalah keterlambatan pengiriman.

“Masyarakat jangan panik karena Pertamina menjamin. Bukan karena tidak ada stok tapi karena keterlambatan pengiriman. Tolong bijak, jangan terpancing dengan berita-berita yang tidak benar sehingga panic buying,” kata Farman.

Sebelumnya, Pertamina meminta masyarakat tidak panik dan membeli bahan bakar jenis Pertalite secara berlebihan karena harga Pertamax naik.

“Ada yang bilang harga Pertalite naik, itu hoaks. Masyarakat jangan panik karena tidak ada perubahan harga untuk Pertalite,” ujar Irto Ginting Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (1/4/2022).

Irto juga memastikan Pertamina akan memenuhi stok Pertalite di semua SPBU sampai Idulfitri. “Semua kebutuhannya akan kita pasok. Jadi jangan panic buying Pertalite. Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan stok BBM jelang Idulfitri,” kata Irto.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs