Jumat, 26 April 2024

Pemerintah Siapkan Roadmap Pergantian BBM Pertalite ke Pertamax

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pertamina memberikan promo khusus pembelian Pertalite seharga Premium lewat Program Langit Biru di 211 SPBU bertanda khusus promo PLB, di 11 kabupaten/kota di Jawa Timur. Foto: Pertamina

Pemeritah saat ini tengah menyusuan peta jalan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan, di mana nantinya pertalite RON 90 akan digantikan dengan bahan bakar yang kualitasnya lebih baik.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana pertalite harus dry, harus shifting dari pertalite ke pertamax,” ujar Soerjaningsih Direktur Pembinaan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM dalam keterangannya, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Konsumsi BBM Jatim Diprediksi Turun 25 Persen Selama PPKM Darurat

Dalam penerapannya nantinya, pemerintah kata Soerjaningsih, akan berusaha meredam gejolak yang timbul di masyarakat terkait proses shifting pertalite ke pertamax.

Pemerintah, saat ini juga mendorong penggunaan bensin RON 90 sebagai bahan bakar minyak ramah lingkungan karena Indonesia kini memasuki masa transisi energi.

“Kita memasuki masa transisi di mana premium RON 88 akan digantikan dengan pertalite RON 90, sebelum akhirnya kita akan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” kata Soerjaningsih, melansir Antara. 

Soerja menginformasikan bahwa premium RON 88 saat ini hanya digunakan oleh tujuh negara saja. Volume yang digunakan pun sangat kecil karena kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar minyak dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Pertalite Seharga Premium Ada di 11 Kabupaten/Kota di Jawa Timur

Perubahan dari premium ke pertalite akan mampu menurunkan kadar emisi karbon dioksida sebesar 14 persen. Adapun perubahan dari pertalite ke pertamax  RON 92 akan menurunkan kembali emisi karbon dioksida sebesar 27 persen.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs