Jumat, 26 April 2024

Survei BI Mencatat Permintaan Pembiayaan Perbankan pada Bulan Juli 2022 Meningkat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Logo Bank Indonesia. Foto: Dokumentasi BI

Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan di Bulan Juli 2022 yang dilakukan oleh Bank Indonesia mencatat peningkatan di sektor korporasi, perbankan dan rumah tangga.

Sektor permintaan pembiayaan baru korporasi pada Juli 2022 terindikasi meningkat. Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 20,5 persen, lebih tinggi dari SBT Juni 2022 sebesar 16,4 persen.

“Peningkatan pembiayaan bersumber dari dana sendiri, yang masih menjadi mayoritas pembiayaan, diikuti oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik. Sementara itu, pembiayaan yang bersumber dari pinjaman ke perbankan dalam negeri terindikasi melambat,” kata Erwin Haryono Kepala Departemen Komunikasi BI seperti dikutip dari web resmi BI, Kamis (18/8/2022).

Sementara penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Juli 2022 juga terindikasi tumbuh positif meski melambat dari bulan sebelumnya. Peningkatan ini terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru sebesar 54,6 persen.

Erwin menjelaskan, faktor utama yang mempengaruhi perkiraan penyaluran kredit baru tersebut yaitu prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta permintaan pembiayaan dari nasabah.

“Untuk keseluruhan periode triwulan III 2022, penawaran penyaluran kredit baru juga diprakirakan tumbuh positif meski melambat dibandingkan triwulan sebelumnya,” terangnya.

Sejalan dengan itu, di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru atau kredit terindikasi tumbuh meningkat pada Juli 2022. Permintaan pembiayaan melalui utang/kredit pada bulan Juli 2022 sebesar 10,3 persen, lebih tinggi dibandingkan pada bulan sebelumnya sebesar 8,9 persen.

“Mayoritas rumah tangga memilih bank umum sebagai sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna. Adapun sumber pembiayaan lainnya yang menjadi preferensi responden untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan adalah antara lain koperasi dan leasing,” pungkasnya.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs