Jumat, 29 Maret 2024

Akhir Pekan Rupiah Ditutup Melemah Seiring Kekhawatiran Naiknya Suku Bunga AS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi pegawai bank menghitung uang Rupiah. Foto: Antara

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada akhir pekan ditutup melemah, seiring kekhawatiran pasar tentang kenaikan suku bunga acuan Amerika Serikat.

Kurs rupiah pada Jumat (10/2/2023) sore, ditutup turun 37 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp15.134 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.097 per dolar AS.

“Kekhawatiran kenaikan suku bunga AS kembali menjadi perhatian pelaku pasar,” kata Rully Nova Analis Bank Woori kepada Antara.

Rully khawatir kenaikan suku bunga tersebut dipicu oleh adanya kecenderungan kenaikan imbal hasil obligasi AS bertenor panjang, dan spekulasi hasil pertemuan The Fed bank sentral AS malam nanti terkait penanganan inflasi.

Sebelumnya, pejabat The Fed pada Rabu (8/2/2023) mengisyaratkan bahwa lebih banyak kenaikan suku bunga akan terjadi untuk mendinginkan inflasi lebih lanjut. Meskipun, tidak ada yang menyatakan bahwa laporan pekerjaan yang kuat di Januari dapat memicu sikap kebijakan moneter yang lebih agresif.

Pekan lalu, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dan mengatakan melihat tanda-tanda disinflasi. Tetapi laporan pekerjaan yang kuat mengguncang investor, karena mereka khawatir pembuat kebijakan akan tetap hawkish lebih lama.

Investor melangkah dengan hati-hati menjelang data inflasi AS pekan depan, dengan kekhawatiran atas perlambatan ekonomi dan laju kenaikan suku bunga The Fed memukul sentimen.

Sementara itu, lanjut Rully, sentimen dari dalam negeri masih positif seiring dengan naiknya cadangan devisa.

Cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2023 mencapai 139,4 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2022 sebesar 137,2 miliar dolar AS.

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Januari 2023 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah serta penerimaan pajak dan jasa.

Rupiah pada pagi hari dibuka turun ke posisi Rp15.120 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp15.117 per dolar AS hingga Rp15.154 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia, pada Kamis (9/2/2023) kemarin, turun ke posisi Rp15.140 per dolar AS dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.120 per dolar AS. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs