Jumat, 10 Mei 2024

Bandara Juanda Siapkan Posko Terpadu Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Penumpang di sedang check in di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Foto: Angkasa Pura 1 Juanda Ilustrasi - Penumpang di sedang check in di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Foto: Angkasa Pura 1 Juanda

Menyambut libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024  (Nataru) Bandar Udara Internasional Juanda resmi membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) di lobby Terminal 1 (T1), Selasa (19/12/2023).

Posko Angkutan Udara Nataru tersebut akan beroperasi selama 16 hari, sejak 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Selama periode tersebut direncanakan Bandar Udara Internasional Juanda akan menambah jam operasional.

Bandar Udara Juanda sebelumnya beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB menjadi mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda mengatakan, keberadaan Posko Terpadu Angkutan Udara merupakan instruksi dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk memantau dan memastikan arus pergerakan pesawat, penumpang, dan barang selama libur Nataru, berjalan dengan aman, tertib, nyaman dan lancar,” Ujar Sisyani Jaffar.

Bandar Udara Juanda diprediksi akan mengalami puncak pergeralan pesawat dan penumpang libur Natal pada 22 Desember mendatang.

Dengan perkiraan jumlah penumpang pesawat udara yang tiba dan pergi melalui Bandara Internasional Juanda pada hari itu sebanyak 56.391 penumpang pesawat yang terdiri dari Rute Domestik 46.089 penumpang dan Rute Internasional 10.302 penumpang.

Sedangkan untuk libur tahun baru diprediksi terjadi pada tanggal 29 Desember 2023 dengan perkiraan pergerakan sebanyak 49.152 penumpang pesawat. Rinciannya dari Rute Domestik 38.880 penumpang dan Rute Internasional 10.272 penumpang.

Sementara untuk pengajuan extra flight (penerbangan tambahan), pihak bandara telah menerima pengajuan dari enam maskapai dengan total 187 flight.

Antara lain dari maskapai Garuda Indonesia 24 flight, Citilink 48 flight, Air Asia 64 flight, Lion Air 39 flight, Batik 6 flight dan Nam Air 6 flight. Rute extra flight pada pergerakan periode Libur Natal dan Tahun Baru ini adalah Denpasar, Jakarta, Lombok, Beurau dan Pangkalanbun.

Sementara itu, manajemen Bandar Udara Internasional Juanda juga melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem. Sebab
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprediksi pada Desember akan sering terjadi hujan.

“Bandara Internasional Juanda melakukan antisipasi terhadap kondisi-kondisi tertentu serta memastikan pengawasan dan pemeliharaan fasilitas-fasilitas. Baik di area sisi darat maupun sisi udara selalu berfungsi dengan baik,” tutur Sisyani.(wld/iss/ipg)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs