Kamis, 9 Mei 2024

Pertumbuhan Penumpang Bandara Juanda Meningkat 35 Persen di Tahun 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana Keramaian Penumpang Bandara Internasional Juanda. Foto: Humas Angkasa Pura Suasana Keramaian Penumpang Bandara Internasional Juanda. Foto: Humas Angkasa Pura

Bandar udara internasional Juanda Surabaya mencatat telah melayani 10.428.210 penumpang, menutup Triwulan III tahun 2023.

Sisyani Jaffar, General Manager Bandara Juanda pada Kamis (5/10/2023) mengungkapkan, periode Januari hingga September pergerakan penumpang menunjukkan tren positif dengan kenaikan 35,26 persen, dibanding pada 2022 lalu.

Sementara kargo mengalami sedikit penurunan sebesar -1,76 persen atau 50.548.241 kilogram dibandingkan periode sebelumnya 51.451.493 kilogram.

“Pada Triwulan III ini jumlah penumpang meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 7.709.605 penumpang. Pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan yaitu mencapai 71.896, atau meningkat 28,47 persen jika dibanding tahun sebelumnya sejumlah 55.964 pergerakan,” kata dia dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Sisyani menambahkan, penerbangan internasional jika dibandingkan dengan tahun lalu juga mengalami kenaikan yang signifikan. Meski begitu, jumlah penumpang yang dilayani didominasi penerbangan domestik.

“Penerbangan internasional di Januari hingga September Tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 211 persen untuk jumlah penumpang. Dimana penumpang internasional mencapai 1.514.236. Sedangkan pada periode tahun sebelumnya mencapai 486.662 penumpang,” tuturnya.

Tidak hanya itu, peningkatan jumlah pesawat penerbangan internasional turut melonjak hingga 186 persen dari tahun lalu.

“Pada periode saat ini mencapai 9.157 pergerakan pesawat, sedangan pada periode tahun lalu mencapai 3.193 pergerakan pesawat,” ucapnya.

Sisyani melanjutkan, dalam upaya mengantisipasi jumlah penumpang, pihak bandara telah melakukan serangkaian upaya diantaranya pengaktifan terminal kedatangan T1 A.

“Sejak Pertengahan tahun ini kami membuka Terminal Kedatangan T1 A guna menambah kenyamanan bagi para pengguna jasa Bandara. Hal tersebut merupakan salah satu respon kami mengingat tren positif pertumbuhan jumlah penumpang, sehingga diharapkan dengan terus meningkatnya jumlah penumpang, fasilitas kami pun lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan para pengguna jasa,” jelasnya.

General Manager Bandara Juanda ini juga mengklaim, pihaknya secara konsisten terus memberikan pelayanan terbaik. Oleh karena itu dia berharap mulai dari arus pesawat, penumpang, hingga barang dapat terus meningkat seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

“Tentunya kami berharap dan selalu optimis  hingga akhir tahun nanti baik arus pesawat, penumpang dan barang dapat terus meningkat, hingga pada akhirnya dapat kembali menyamai dengan periode sebelum terjadinya Pandemi Covid-19,” pungkasnya. (feb/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs