Senin, 29 April 2024

Bapanas Sebut 12 Komoditas Pangan Cukup untuk Penuhi Kebutuhan hingga Akhir 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proses bongkar muat beras di Gudang Bulog Divisi Regional Jawa Timur, Buduran. Foto: Dok/ suarasurabaya.net

Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebut persediaan 12 komoditas pangan strategis aman dan mencukupi kebutuhan hingga akhir tahun 2023.

“Secara umum ketersediaan 12 komoditas pangan strategis serta proyeksikan aman dan cukup memenuhi kebutuhan hingga akhir 2023,” kata Arief Prasetyo Adi Kepala Bapanas saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi IV DPR RI di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Melansir Antara, ke-12 komoditas pangan strategis itu yakni beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, daging sapi-kerbau, daging ayam, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan ikan.

Arief menyampaikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor pangan bersama Bapanas, sedang berprogres dalam penguatan cadangan pangan pemerintah.

Dia menargetkan masing-masing stok level komoditas mencapai 5-10 persen dari kebutuhan atau market share nasional agar dapat melakukan intervensi salah satunya untuk stabilisasi harga pasar.

“Hampir semua komoditas sudah kami siapkan stoknya untuk jagung kami terus dorong agar Perum Bulog untuk bisa melakukan penguatan cadangan jagung pemerintah,” ujar Arief.

Khusus untuk komoditas beras, terang Arief, Perum Bulog saat ini memiliki stok aman (secure stock) sebanyak 1,39 juta ton. Sementara stok cadangan beras pemerintah (CBP) pada akhir tahun 2023 diproyeksikan sebesar 1,2 juta ton.

Adapun realisasi penyaluran beras nasional pada 2023 hingga minggu pertama bulan November 2023 sebanyak 2,065 juta ton, baik yang digunakan untuk bantuan pangan, stabilitas pangan dan harga pangan (SPHP), serta tanggap darurat.

“Perum Bulog saat ini memiliki stok sebanyak 1,39 juta ton dengan realisasi penyaluran beras nasional pada tahun 2023 hingga minggu pertama bulan November 2023, baik yang digunakan untuk bantuan pangan, SPHP, dan tanggap darurat sebanyak 2,065 juta ton. Proyeksi stok CBP akhir tahun 2023 sebesar 1,2 juta ton,” terang Arief. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs