Sabtu, 4 Mei 2024

ChatGPT Raup Keuntungan 4,6 Juta Dolar pada September 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustasri logo aplikasi ChatGPT. Foto: freepik

ChatGPT mencatat rekor peningkatan jumlah pemasangan dan pendapatan. Hingga September 2023, aplikasi ini telah 15,6 juta diunduh dengan pendapatan kotor kurang lebih 4,6 juta Dolar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari TechCrunch, ChatGPT mencatat pertumbuhan pendapatan 30-31 persen pada Juli, lalu 39 persen pada Agustus, dan 20 persen pada September.

Aplikasi ChatGPT di seluler menghasilkan pendapatan kotor sebesar 2,1 juta dolar AS pada Juni. Meningkat 2,74 juta Dolar AS pada Juli, 3,81 juta dolar AS pada Agustus, dan 4,58 juta dolar AS pada September.

Yang mengejutkan, ChatGPT bukanlah aplikasi AI terbesar berdasarkan pendapatan. Ask AI memperoleh laba lebih besar berkat belanja iklan yang besar. Keuntungan mereka menembus 6,55 juta dolar AS pada Agustus lalu.

Adapun ChatGPT menghasilkan sekitar 3,2 juta dolar AS pada September setelah Apple dan Google mengambil bagian dari pendapatan pembelian dalam aplikasi.

Selain rekor pendapatannya, ChatGPT mencatat 15,6 juta penginstalan pada September. Total penginstalan seumur hidup menjadi 52,2 juta, menurut perkiraan Appfigures.

Sebanyak sembilan juta pengunduhan dari Google Play pada September. Sementara App Store menyumbang 6,6 juta lainnya. (and/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs