Minggu, 25 Februari 2024

Meta Bakal Ciptakan Chatbot Baru Setara GPT-4

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Meta Platforms Inc. Foto: Antara

Meta telah membeli chip pelatihan Artificial Intelligence (AI) dan membangun pusat data untuk menciptakan chatbot baru yang lebih kuat.

Menurut laporan The Wall Street Journal, Meta berharap chatbot garapan mereka ini setara atau bahkan melebihi GPT-4 dari OpenAI.

Meta kabarnya berencana mulai melatih model bahasa besar yang baru pada awal 2024. Mark Zuckerberg CEO Meta mendorong agar kembali gratis bagi perusahaan untuk membuat alat AI

Dilansir dari Antara pada Senin (11/9/2023), Meta telah membeli lebih banyak chip pelatihan AI Nvidia H100 dan memperkuat infrastrukturnya.

Sehingga kali ini tidak perlu mengandalkan platform awan Azure milik Microsoft untuk melatih chatbot baru tersebut.

Meta dikabarkan telah mengumpulkan sekelompok orang awal tahun ini untuk membangun model tersebut.

Tujuannya mempercepat pembuatan alat AI yang dapat meniru ekspresi manusia. Tujuan tersebut terasa seperti perluasan alami dari fitur generatif AI yang telah dikabarkan Meta sebelumnya.

Bocoran pada bulan Juni menyebutkan, ada chatbot Instagram dengan 30 kepribadian yang sedang diuji Meta. Konon terdengar sangat mirip dengan “persona” AI yang belum diumumkan yang dikabarkan akan diluncurkan oleh perusahaan pada bulan ini.

Meta kabarnya telah menghadapi perubahan peneliti AI yang berat karena sumber daya komputasi terbagi antara beberapa proyek large language model (LLM) pada tahun ini. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
29o
Kurs