Sabtu, 20 April 2024

Dua Tahun Belum Dilakukan, Rencana Kenaikan Tarif Tol Waru-Juanda Segera Diterapkan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Gerbang tol Menanggal, Waru - Juanda. Foto: Istimewa

PT Citra Margatama Surabaya (CMS) berencana melakukan penyesuaian tarif tol Waru – Juanda tahun ini. Mengenai besaran jumlah yang ditetapkan hingga kini masih dibahas.

Arif Fathoni Manajer Divisi Operasional PT CMS menyebut, berdasarkan regulasi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022, evaluasi san penyesuaian tarif seharusnya dilakukan dua tahun sekali. Itu berdasarkan laju inflasi dan pemenuhan standar pelayanan minimal.

“Penyesuaian tarif tol Waru – Juanda terakhir dilakukan pada 14 Oktober 2020,” terangnya, Rabu (15/2/2023).

Diketahui, besaran tarif Tol Waru – Juanda yang berlaku saat ini, berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 1492/KPTS/M/2020, untuk kendaraan golongan I sebesar Rp8.500, untuk kendaraan golongan II dan III sebesar Rp12.500, dan tarif tol kendaraan golongan IV dan V sebesar Rp17.000.

Arif menambahkan, kenaikan tarif tol akan menjadi semangat pengelola untuk meningkatkan layanan di tol. Selain itu, lanjutnya, tol yang menembus langsung gerbang Bandara Juanda ini juga selalu memenuhi standar pelayanan minimal.

“Kami rutin memperbaiki setiap ruas jalan. Bahkan kami baru saja melakukan overlay jalan. Begitu juga 856 titik penerangan jalan kita sudah ganti LED. Ribuan lebih Surabaya dan Sidoarjo untuk kita gandeng dan berdayakan menjadi karyawan dan petugas handal kami,” kata Arif.

Sekedar informasi, tol Waru – Juanda membantang sepanjang 12,9 kilometer dari simpang susun Waru di perbatasan Surabaya – Sidoarjo hingga ke kawasan Bandara Internasional Juanda Surabaya ini telah beroperasi sejak 27 April 2008.

Dari simpang susun Waru, Tol Waru – Juanda tersambung dengan ruas tol Surabaya – Gempol dan Tol Surabaya – Mojokerto. Memberlakukan sistem operasional terbuka, tol Waru – Juanda memiliki 6 pintu gerbang tol dengan lalu lintas harian rata-rata 2 bulan terakhir sebanyak 65 ribu lebih.

Tol Waru – Juanda membuka akses jalan bebas hambatan dari simpang Waru menuju Bandara Internasional Juanda dan kawasan industri SIER serta sejumlah fasilitas umum lainnya di wilayah perbatasan Surabaya – Sidoarjo di bagian selatan. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
33o
Kurs