Jumat, 3 Mei 2024

IHSG Diprediksi Fluktuatif, Investor Wait and See Situasi Politik Nasional

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi: Karyawan berjalan di dekat layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Foto: Antara

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (24/10/2023) hari ini diprediksi bergerak fluktuatif seiring dengan pelaku pasar yang wait and see terhadap kondisi politik nasional dan ekonomi global.

IHSG dibuka menguat 8,63 poin atau 0,13 persen ke posisi 6.750,59. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 1,84 poin atau 0,20 persen ke posisi 900,85.

“Kami melihat pelaku pasar masih menantikan langkah-langkah yang akan dikampanyekan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Bukan hanya itu, pelaku pasar juga masih mewaspadai potensi kejutan saat masa pendaftaran capres dan cawapres hingga 25 Oktober mendatang,” kata Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dilansir Antara, Selasa (24/10/2023).

Dari dalam negeri, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan merilis paket kebijakan untuk merespons situasi perekonomian terkini.

Terutama yang disebabkan oleh global yang memburuk dan berdampak ke ekonomi dan pasar keuangan Indonesia.

Dari mancanegara, imbal hasil obligasi US Treasury 10-year yang menjadi acuan, sempat naik kembali di atas level penting 5 persen sebelum menurun, dengan perdagangan terakhir tercatat berada di sekitar 4,85 persen.

Gejolak geopolitik Di Timur Tengah juga menjadi perhatian. Para pelaku pasar mencari tanda-tanda potensial bahwa konflik Israel vs Hamas dapat meluas atau meningkat.

Saat ini fokus utama adalah bantuan kemanusiaan dan pembebasan sandera. Hal itu menunjukkan bahwa risiko invasi darat dari Israel dapat menunggu. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs