Kamis, 16 Mei 2024

JackCloth 2023 Gelaran Produk Lokal Terbesar di Indonesia Libatkan 300 UMKM

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Perdana Kusuma Direktur Operasional JakCloth (kanan), dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (26/6/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sebagai gelaran clothing line terbesar di Indonesia, event 2023 ini melibatkan sekitar 300 UMKM. Bahkan, event tersebut bakal menghadirkan produk-produk unggulan UMKM yang mendapat dukungan juga dari perbankan.

“Karena itu, kita mendapat dukungan dari perbankan agar transaksi Jakcloth kali bisa naik dua kali lipat. Begitupun dengan pengunjung diharapkan naik juga,” kata Perdana Kusuma Direktur Operasional JakCloth, dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Lebih jauh Panitia Pelaksana JakCloth Reload Summerfest menambahkan pihaknya mengembalikan konsep JakCloth seperti awalnya.

Meski ada konser musik, kata Dana-sapaan akrabnya, pihaknya tidak menjadikan arena itu sebagai pendulang pendapatan.

“JakCloth lebih mendorong kebangkitan UMKM dan sekaligus membantu program pemerintah,” paparnya.

Sementara itu, Muhsin Sahid, Group Head Digital Banking Sales And Merchant Acquisition Bank BJB berharap transaksi dalam event JakCloth mengalami kenaikan. Apalagi UMKM yang terlibat, jumlahnya lebih banyak.

“Sudah pastilah, kita ingin transaksinya berlipat, sehingga ini juga membantu program digitalisasi UMKM,” ujarnya.

Lebih jauh Muhsin berharap JakCloth bisa mendorong UMKM tersebut bisa naik kelas, sehingga brand-brand tersebut bisa menembus pasar ekspor.

Fiki Satari Staf Khusus Menteri Koperasi UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif menambahkan bahwa pemerintah berupaya hadir dalam event JakCloth ini dengan mendorong terbentuknya ekosistem UMKM. Karena JakCloth ini bukan sekadar event, namun sudah menjelma menjadi agregator platform.

“Sehingga kita bisa membantu membukakan akses pembiayaan melalui KUR dan lainnya,” terangnya.

Seperti diketahui, melalui tema JakCloth Reload Summerfest, event ini akan digelar selama 5 hari, tanggal 05-09 Juli 2023 mulai pukul 10.00 WIB–22.00 WIB di Parkir Timur Senayan, Jakarta.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
28o
Kurs