Senin, 22 April 2024

Jokowi Diapresiasi usai Raih Proyek Bernilai Rp584 Triliun dari KTT ASEAN

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI bersama para pemimpin ASEAN saling bergandeng tangan dalam pembukaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, Selasa (5/9/2023). Foto : Biro Pers SetPres

Akbar Himawan Buchari Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), mengapresiasi Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI, yang menghasilkan komitmen proyek kerja sama senilai Rp584 triliun dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN.

Melansir Antara, Akbar menilai Indonesia sebagai Keketuaan ASEAN 2023 berjalan sukses. KTT ASEAN mendapat 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar Dolar AS atau Rp568 triliun dari penyelenggaraan ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF).

“Pak Jokowi telah bekerja keras tahun ini, tepatnya ketika Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023. Menurut saya, nilai kerja sama ini cukup fantastis. Semoga kerja sama ini terealisasi dengan baik, sehingga rakyat mendapat hasilnya,” ujar Akbar melalui keterangan tertulis di Jakarta.

Akbar mengharapkan bahwa hasil sukses penyelenggaraan KTT ke-43 harus memiliki dampak yang nyata bagi masyarakat Indonesia, terutama para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dengan cara ini, pertumbuhan ekonomi nasional dapat terus berkembang dengan positif.

“Dari potensi proyek senilai Rp568 triliun itu, pelaku UMKM harus kebagian kuenya. Sebab, sektor UMKM ini selalu menjadi tulang punggung ekonomi bangsa. Kolaborasi ini juga diharapkan agar pelaku UMKM kita bisa naik kelas,” kata Akbar.

Akbar juga memuji Jokowi yang secara konsisten menyuarakan kepentingan negara Indo-Pasifik, dan negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia .

Kerja sama AIPF digagas agar sektor swasta dan publik di kawasan Indo-Pasifik ASEAN bisa saling bekerja sama untuk menghasilkan proyek-proyek investasi di kawasan Indo-Pasifik, seperti pengembangan energi baru terbarukan, hidrogen, amonia, kilang alumina, rantai pasok baterai, serta infrastruktur jalan tol dan pelabuhan.

Lebih lanjut, sikap Jokowi dinilai berani dalam menyuarakan stabilitas dan perdamaian. Menurutnya, kedua hal tersebut merupakan kunci kemakmuran.

Akbar mengatakan, kesuksesan lainnya dari penyelenggaraan KTT Ke-43 ASEAN adalah datangnya para pemimpin negara mitra seperti Amerika Serikat dan China yang memuji Ketetuaan Indonesia.

“Ini juga perlu digarisbawahi. Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris dan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang datang langsung dan menyanjung Jokowi. Selain juga negara seperti Jepang, Kanada, dan Korea juga ikut berpartisipasi dalam KTT kemarin,” pugkas Akbar. (ant/dvn/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs