Rabu, 28 Februari 2024

Kemenkeu Optimistis Pendapatan Lelang Capai Rp750 Miliar pada 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joko Prihanto Direktur Lelang DJKN (kiri) dan Rionald Silaban Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (kanan) saat ditemui usai acara puncak 115 Tahun Lelang Indonesia dengan tema "Semangat Kebangsaan Melandasi Lelang Menuju Pasar Dunia” di Jakarta, Selasa (18/7/2023) Foto : Antara

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) optimistis pendapatan lelang bisa mencapai Rp750 miliar pada 2023.

“Pada tahun ini target Rp750 miliar, lebih besar dari target tahun lalu sebesar Rp700 miliar,” ujar Joko Prihanto Direktur Lelang DJKN dilansir Antara pada Selasa (18/7/2023).

Optimisme tersebut juga didorong oleh realisasi pendapatan lelang hingga semester I 2023 yang menunjukkan progres baik yakni mencapai Rp470 miliar.

Secara umum, kinerja lelang memperlihatkan perkembangan yang positif. Tercatat, sejak 2016 hingga 2022, jumlah pokok lelang naik dari sekitar Rp12 triliun meningkat hingga Rp35 triliun.

Sedangkan, jumlah bea lelang yang diterima negara meningkat dari sekitar Rp270 miliar hingga menjadi lebih dari Rp800 miliar.

Dalam kesempatan yang sama, Rionald Silaban Direktur Jenderal Kekayaan Negara mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kinerja lelang. Salah satunya melalui re-engineering lelang yang diharapkan dapat mengoptimalkan performa layanan Portal Lelang Indonesia.

Portal Lelang Indonesia merupakan platform digital yang dikembangkan oleh DJKN dalam rangka digitalisasi lelang. Platform tersebut telah mencatatkan peningkatan lebih dari 400 persen selama 2016 hingga 2022.

Di sisi lain, DJKN juga membuat program tarif nol persen untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Program tersebut bertujuan untuk mendukung UMKM dalam hal pemasaran produk serta untuk lebih mempopulerkan lelang sebagai sarana jual beli alternatif di tengah masyarakat.

Program ini juga mencatatkan kinerja yang positif, tercermin pada peningkatan jumlah UMKM yang melakukan lelang dari 36 UMKM menjadi sekitar 3.650 UMKM dalam kurun waktu tiga tahun.

Guna memberikan sarana edukasi, komunikasi, dan sosialisasi lelang kepada masyarakat, DJKN menggelar cara puncak “115 Tahun Lelang Indonesia” dengan tema “Semangat Kebangsaan Melandasi Lelang Menuju Pasar Dunia”.

Kegiatan itu turut mendemonstrasikan proses lelang di Portal Lelang Indonesia serta melibatkan peserta acara.

Barang yang dilelang mencakup kendaraan bermotor, benda seni lukisan, kain tenun, barang antik/kuno dan barang lainnya, serta komoditi kopi dan produk UMKM secara konvensional. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs