Kamis, 2 Mei 2024

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Beroperasi Komersial 1 Oktober 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo (Jokowi) Presiden berpose di depan lokomotif Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (13/9/2023), di Stasiun Halim, Jakarta Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Masyarakat umum bisa mulai menggunakan jasa kereta cepat pertama di Indonesia tujuan Jakarta-Bandung secara berbayar mulai bulan Oktober 2023.

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) mengatakan, Joko Widodo Presiden akan melakukan soft launching awal bulan depan.

“Kereta api cepat, nanti Presiden mungkin akan lakukan sotf launching 1 Oktober,” ujarnya, siang hari ini, Rabu (27/9/2023), sesudah mengikuti rapat kabinet terbatas, di Istana Merdeka, Jakarta.

Mengenai harga tiket perjalanan kereta cepat yang diberi nama Whoosh, dia bilang akan diumumkan Presiden bersamaan dengan acara peresmian.

Menko Marinves menambahkan, Presiden akan memberikan diskon harga tiket periode waktu tertentu supaya banyak masyarakat yang menggunakan layanan kereta cepat.

“Tadi dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu secara bertahap. Prinsipnya, Presiden itu ingin supaya semua kita bisa menikmati dengan harga yang bagus,” tegas Luhut.

Sebelumnya, Rabu (13/9/2023), Jokowi Presiden bersama sejumlah menteri, selebriti, dan wartawan menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dari Stasiun Halim, Jakarta Timur tempat keberangkatan sampai tujuan di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat cuma butuh waktu sekitar 45 menit.

Sedangkan waktu tempuh Jakarta-Bandung dengan kereta api reguler atau bus rata-rata sekitar 2,5 jam.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs