Sabtu, 27 April 2024

Khofifah Dorong Transformasi Digital Bank Jatim Menuju BPD Nomor Satu di Indonesia

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bersama Busrul Iman Direktur Utama Bank Jatim dalam kesempatan HUT 62 Bank Jatim di Surabaya, Minggu (20/8/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) mendorong Bank Jatim supaya terus berinovasi dan berkolaborasi mewujudkan transformasi Digital Banking menuju Bank Pembangunan Daerah (BPD) nomor satu di Indonesia.

“Di momen peringatan HUT ke-62 Bank Jatim bertema grow together (tumbuh bersama) ini saya berharap bisa terus bersinergi dan membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholder. InsyaAllah Bank Jatim bisa menjadi BPD nomor satu di Indonesia,” kata Khofifah saat menghadiri HUT Bank Jatim di Convention Hall Grand City Surabaya, Minggu (20/8/2023).

Khofifah mengatakan, inovasi adalah hal yang sangat penting di dunia perbankan, terutama dalam hal teknologi digital. Bank Jatim sendiri sudah memiliki inovasi digital JConnect Mobile.

Ditambah, pada kesempatan ini Bank Jatim juga meluncurkan JConnect Pro, sistem untuk memudahkan calon nasabah Bank Jatim melakukan pembukaan rekening melalui JConnect Mobile di mana saja dan kapan saja.

“Jadi sistem ini memudahkan calon nasabah dapat membuka rekening tanpa harus datang ke Kantor Cabang Bank Jatim. Inovasi seperti ini yang harus terus dilakukan sebagai bagian dari transformasi digital perbankan,” katanya.

Menurutnya, selain terus berinovasi secara digital, Bank Jatim sebagai BPD juga harus mampu mendorong UMKM Jatim naik kelas dengan memberikan support bahwa ekspor itu mudah.

“Jadi meskipun Bank Jatim sudah 62 tahun tapi semangatnya harus tetap sat set, wat wet sama seperti umur 26 tahun” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengapresisi program Desa Pendulum Devisa dari Bank Jatim, yang mana Bank Jatim melakukan pendampingan proses pengembangan usaha dari hulu ke hilir. Sehingga, desa-desa binaan Bank Jatim dapat melakukan ekspor secara mandiri.

“Kemarin saya melepas ekspor rumput laut dari Sidoarjo ke Australia sebesar Rp150 juta. Bukan soal nominalnya, tapi bagaimana semangat para pelaku UMKM yang harus kita dorong bersama. Bahwa ekspor itu mudah,” katanya.

Sementara itu Busrul Iman Direktur Utama Bank Jatim mengatakan, HUT ke-62 ini turut dilakukan beragam kegiatan sosial. Antara lain khotmil qur’an di Masjid Baitussyakur Bank Jatim, Pemberian bingkisan 400 sembako dan uang tunai kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan Bank Jatim Kantor Pusat.

Kemudian pemberian santunan kepada anak yatim piatu, panti jompo, panti asuhan, dan tabur bunga kepada mantan karyawan/karyawati Bank Jatim yang telah meninggal dunia.

“Kami juga melakukan serangkaian kegiatan seni dan olahraga, seperti Sound Of Downtown yang merupakan konser musik untuk seluruh masyarakat Surabaya, Jatimers Got Talent, kompetisi olahraga meliputi tennis meja, tenis lapangan, bulutangkis, futsal, memancing, dan jatimers run fest, serta pertandingan persahabatan sepak bola Bank Jatim dengan kepala daerah,” katanya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs