Minggu, 28 April 2024

Libur Lebaran, Okupansi Hotel di Kota Batu Capai 80 Persen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Hotel. Foto: Pixabay

Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Batu, Jawa Timur, menyatakan bahwa tingkat okupansi hotel di wilayah tersebut mencapai 80 persen pada masa libur Lebaran 2023, melonjak dibanding kondisi normal.

Sujud Hariadi Ketua PHRI Kota Batu di Kota Batu, Selasa (25/4/2023), mengatakan bahwa peningkatan okupansi kamar hotel di wilayah tersebut terjadi sejak 21 April 2023 atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Okupansi hotel di Kota Batu, rata-rata mencapai 80 persen selama beberapa hari terakhir,” kata Sujud seperti dilaporkan Antara.

Berdasar catatan PHRI Kota Batu, pada hari-hari normal, tingkat okupansi hotel di wilayah tersebut berkisar antara 20-30 persen. Sementara pada saat akhir pekan, mengalami kenaikan menjadi 70 persen secara rata-rata.

Sujud menjelaskan, salah satu hal yang menjadi pemicu tingginya tingkat okupansi hotel di wilayah Kota Batu tersebut seiring dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan cuti bersama dalam rangka Lebaran 2023 pada 19 April hingga 25 April 2023.

Menurutnya, pada periode 21-24 April 2023 tamu-tamu yang menginap pada sejumlah hotel di wilayah Kota Batu berasal dari wilayah Jakarta, Bandung, Bogor hingga Sumatera, termasuk dari daerah lain yang ada di Jawa Timur.

Ia menambahkan, pada pekan ini diperkirakan akan ada sedikit penurunan tingkat okupansi hotel di wilayah tersebut. Namun, ia meyakini pada akhir pekan akan kembali meningkat hingga angka 80 persen, mengingat masa libur anak sekolah juga belum usai.

“Ke depan mungkin ada penurunan sedikit. Tapi akhir minggu ini juga ada libur, jadi diharapkan kembali meningkat. Kami berharap bis meningkat sampai 80 persen lagi,” katanya.

Jika dibandingkan dengan masa libur Lebaran 2022, memang untuk tingkat okupansi hotel sedikit menurun jika dibanding 2023. Namun, pada 2022, hanya ada tiga hari libur nasional sementara pada Lebaran kali ini jumlah hari lebih panjang.

“Untuk hotel memang lebih tinggi tahun lalu, mencapai 90 persen, namun waktunya pendek. Sehingga total penjualan kamar lebih baik pada tahun ini,” ujarnya,

Sementara itu, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Rekreasi Selecta, saat ini juga sudah mengalami peningkatan. Tercatat, pada 23 April 2023 kunjungan wisatawan berada pada angka 1.500 orang dan naik pada keesokan harinya menjadi 4.050 kunjungan.

“Pada 24 April, ada 6.325 kunjungan. Untuk hari ini sudah hampir 4.500 orang dan diharapkan bisa mencapai 6.000 kunjungan,” kata Sujud, yang juga merupakan Direktur Utama Selecta itu.

Pada arus mudik libur Lebaran 2023, diperkirakan akan ada sebanyak 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Di wilayah Kota Batu, selama beberapa hari terakhir terjadi peningkatan aktivitas wisata dengan banyaknya wisatawan yang menghabiskan waktu libur Lebaran di wilayah tersebut. Pemerintah Kota Batu, memperkirakan sebanyak 500-600 ribu wisatawan berkunjung pada periode itu.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs