Sabtu, 2 Maret 2024

Mendag Minta Masyarakat Tak Khawatir Soal Ketersediaan Beras

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan saat memantau harga pangan di pasar tradisional Natar, Lampung Selatan, Rabu (20/9/2023). Foto: Antara

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan (Mendag) meminta masyarakat agar tidak mengkhawatirkan ketersediaan beras bagi konsumsi keseharian.

“Saat ini sudah dilakukan berbagai cara agar ketersediaan beras di pasaran tetap terjaga, sebab kami diperintahkan oleh Presiden untuk menjaga beras ini agar tetap ada untuk masyarakat,” ujar Mendag waktu meninjau Pasar Tradisional Natar di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (20/9/2023).

Dilansir Antara, Zulhas juga menjelaskan akan ada sekitar dua juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tidak usah khawatir, stok beras masih banyak di Bulog masih ada stok 1,6 juta ton, lalu yang masih dalam perjalanan 400 ribu ton. Nanti akan datang lagi dapat dari India, Tiongkok, dan beberapa yang lain saat ini sedang tahap negosiasi sekitar satu juta ton, ditambah ada panen juga. Tidak usah khawatir beras tidak kurang semua stok cukup banyak,” katanya.

Demikian soal kenaikan harga di pasaran, kata dia, pemerintah telah melakukan beberapa langkah menstabilkan harga beras agar tidak terlalu mahal.

“Tadi sudah melihat beras di Pasar Natar ketersediaan cukup tetapi memang harga belum turun. Jadi diusahakan agar ini bisa turun, salah satunya dengan cara pemerintah bersama Bulog dan Bapanas yang telah bekerja sama untuk menstabilkan kembali harga beras melalui kegiatan SPHP dan memberikan bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat sebanyak 10 kilogram,” ucapnya.

Dia juga berharap penyaluran bantuan beras dan distribusi beras murah dapat terus dipercepat, untuk menjaga stabilitas harga beras bagi konsumsi masyarakat.

“Nanti akan dibagi selama tiga bulan untuk bantuan beras 10 kilogram tersebut oleh Bulog. Mudah-mudahan ini bisa berlanjut hingga Januari dan masyarakat bisa terbantu. Dan dengan upaya-upaya tersebut harga beras di pasaran bisa kembali turun ke harga normal,” tambahnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
31o
Kurs