Sabtu, 27 April 2024

Menperin Targetkan Efisiensi Baterai Kendaraan Listrik Capai 80 Persen pada 2030

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Mobil listrik tengah mengisi daya di SPKLU di Bandarlampung, Lampung. Foto: Antara

Agus Gumiwang Kartasasmita Menteri Perindustrian (Menperin) menargetkan efisiensi baterai kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang diproduksi di Indonesia pada tahun 2030 mencapai 80 persen.

“Kemenperin telah membuat peta jalan untuk pengembangan baterai di bidang ini, termasuk baterai kendaraan listrik dan lainnya. Salah satu hal yang ingin dicapai pada 2030 adalah kendaraan listrik yang memiliki efisiensi tinggi dan local content sekitar 80 persen,” ujarnya di Jakarta, melansir Antara, Sabtu (9/9/2023).

Untuk mencapai target, tambahnya, pemerintah telah menetapkan kebijakan progresif termasuk pemberian stimulus fiskal dan insentif. Kemudian juga mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional sehari-hari untuk entitas pemerintah pusat dan daerah.

Sebelumnya, pemerintah telah menjalankan kebijakan untuk mendorong penggunaan EV lewat bantuan pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua. Kemudian memberikan potongan PPN DTP sebesar 5-10 persen untuk KBLBB roda empat dan bus elektrik.

Langkah-langkah progresif ini menjadi langkah strategis dalam mendukung visi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam industri kendaraan listrik dan berkontribusi pada agenda global keberlanjutan.

Pemerintah telah menetapkan target satu juta kendaraan roda empat yang beroperasi di tahun 2035 merupakan EV, yang setara dengan penghematan sekitar 12,5 juta barel BBM dan mengurangi CO2 sebesar 4,6 juta ton.

Selain itu, imbuhnya, ditargetkan 12 juta unit kendaraan listrik roda dua maupun tiga beroperasi di tahun 2025, setara dengan penghematan 18,86 juta barel BBM dan pengurangan 6,9 juta ton CO2.

“Pemerintah optimis bahwa target tersebut dapat tercapai. Kami juga menyambut baik industri yang berminat memanfaatkan insentif yang tersedia dalam pengembangan kendaraan EV di Indonesia,” tutupnya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs