Jumat, 26 April 2024

Nilai Tukar Rupiah Awal Pekan Diperkirakan Berkisar Rp14.850-Rp14.950 Per dolar AS

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Lembaran mata uang Rupiah dan Dolar AS diperlihatkan di salah satu jasa penukaran valuta asing di Jakarta. Foto: Antara

Lukman Leong Analisis DCFX memperkirakan pergerakan rupiah pada Senin (22/5/2023) hari ini, berkisar antara Rp14.850 per dolar AS hingga Rp14.950 per dolar AS.

“Rupiah diperkirakan akan menguat terhadap dolar AS setelah pernyataan dari the Fed Jerome Powell (Ketua The Fed) yang bernada dovish. Namun, penguatan akan terbatas, dengan investor masih menantikan penyelesaian masalah debt-ceiling,” kata Lukman kepada Antara di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Pada Senin pagi, nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta menguat 0,09 persen atau 14 poin ke posisi Rp14.916 per dolar AS, dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.930 per dolar AS.

Menurut Lukman, sangat penting untuk mengetahui apakah debt-ceiling (batasan utang) akan dinaikkan atau tidak dinaikkan. “Apabila tidak dinaikkan, maka akan pemerintah AS akan default,” ucapnya.

Lebih lanjut, implikasi dan skenario dari debt ceiling disebut sangat banyak, antara lain default, pemangkasan spending, dan menaikkan pagu.

“Efek ke dolar juga akan beda-beda, sehingga investor cenderung wait and see,” ujar Lukman.

Dalam kesempatan lain, Revandra Aritama Analis ICDX menyampaikan, bagaimana AS menghadapi situasi utang berpeluang menjadi penggerak utama dalam pergerakan mata uang dolar AS.

Di dalam negeri Indonesia, kondisi data ekonomi dinyatakan relatif baik. Data inflasi, neraca perdagangan, dan program untuk menyimpan dolar sudah dijalankan kendati kondisi AS berpengaruh besar terhadap dolar AS.

“Namun, dengan kondisi Indonesia yang baik, peluang untuk rupiah lanjut menguat pascakondisi utang AS juga terbuka,” ujar dia pada Jumat (19/5/2023) pekan lalu. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs