Senin, 29 April 2024

Pendapatan Samsung Anjlok pada Kuartal Pertama 2023

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kantor pusat Samsung. Foto: Wikipedia

Pendapatan kuartal pertama Samsung,  raksasa teknologi dari Korea Selatan, menunjukkan hasil suram selama lebih dari satu dekade belakangan.

Seperti dikutip Antara dari laporan GSM Arena, Jumat (7/4/2023), penjualan perusahaan raksasa asal Korea Selatan itu berkisar sekitar 48 miliar dolar Amerika Serikat, turun 10 persen secara quarter-on-quarter dan turun hampir 20 persen secara year-on-year.

Laba operasional Samsung pada kuartal pertama 2023 menjadi sekitar 455 juta dolar AS, yang merupakan penurunan enam kali lipat dari kuartal sebelumnya, serta penurunan mengejutkan hingga 95 persen dari laba pada waktu yang sama tahun lalu.

Samsung mengungkapkan akan mengurangi produksi chip memori secara signifikan karena permintaan yang terus melemah. Menurut mereka, divisi itu adalah alasan utama hasil laba terburuk sejak 2009.

Samsung Group adalah konglomerasi keluarga terbesar di Korea Selatan, yang disebut “chaebol”. Samsung menyumbang lebih dari 20 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu.

Ini adalah kuartal kedua berturut-turut Samsung mengalami penurunan besar. Pada kuartal empat 2022 keuntungan turun hampir 70 persen.

Saat itu, Samsung menilai penyebab penurunan adalah perang di Ukraina dan inflasi.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs