Minggu, 28 April 2024

Pertamina Tambah Stok Bensin hingga LPG sampai 15 Persen Selama Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Dwi Puja Ariestya Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus saat diwawancarai media di Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto KM 725A, Rabu (20/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus memastikan ketersediaan stok semua produk Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai bensin hingga Liquified Petroleum Gas (LPG) aman selama libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dwi Puja Ariestya Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyebut, tim Satuan Tugas (Satgas) Khusus Nataru yang bertugas mulai 15 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 sudah memastikan stok aman.

“Tim sudah bekerja memastikan stok di terminal BBM atau di lembaga penyalur kami jamin stok tersedia,” katanya saat mengecek rumah siaga di SPBU Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto KM 725A, Rabu (20/12/2023).

Semua produk BBM berupa gasoline atau bensin, avtur, LPG, bahan bakar kereta api disediakan stok 5 hingga 15 persen melebihi stok harian. Begitu juga gasoil meski kebutuhannya diprediksi justru turun.

“Untuk gasoline 2,6 persen, solar agak menurun 8,1 persen karena memang pada saat satgas ini ada pembatasan kendaraan niaga yang dilakukan pemerintah. Tapi kami menyiapkan kenaikan suplai mulai lima sampai 15 persen. Avtur kenaikan prediksinya 13,1 persen. Karena ada 2 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) terbesar di Ngurah Rai dan Juanda. Keduanya jadi tujuan pariwisata dan mudik, itu surah diantisipasi. Stok sudah dinaikkan. LPG kenaikan sekitar 1,3 persen. Bahan bakar kereta api naik 9 persen, bahan bakar kapal atau sektor laut naik 11 persen,” bebernya.

Salah satu SPBU Modular di Rest Area Tol Surabaya-Mojokerto yang belum ada SPBU, Rabu (20/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Prediksi itu menurutnya, sudah mulai nampak, puncaknya diprediksi terjadi dua kali, sebelum Natal, dan menjelang Tahun Baru.

“Sudah mulai naik ini. Tanggal 29 Desember ada (kenaikan) lagi. Dua kali, sebelum Natal dan sebelum Tahun Baru,” ujarnya.

Selain stok ditingkatkan, Pertamina juga mendirikan SPBU Mini atau Modular di 10 titik.

“Kami menyediakan 10 titik modular, di situ bisa membeli produk pertamina atau BBM,” tambahnya lagi.

Termasuk menyiagakan 100 motoris, tim mobile menggunakan motor yang akan menjangkau kemacetan di jalur tol dan wisata.

“Tinggal telepon 135 kita kirim BBM dari lokasi motoris terdekat. Sekali bawa 20 liter. Kami antisipasi beberapa lokasi misal jalur tol, wisata di Malang, Banyuwangi, dan Bali. Itu daerah-daerah yang kita antisipasi kenaikan,” tandasnya. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs