Sabtu, 20 Juli 2024

PHRI Perkirakan Kunjungan ke Hotel Meningkat di Akhir Ramadan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi hotel. Foto: Pixabay

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memproyeksikan jumlah peningkatan kunjungan wisatawan di hotel baru akan naik di minggu ke-4 Ramadan menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Kalau bicara soal wisatawan atau kunjungan di bulan puasa nanti, sebetulnya kan relatif ya. Kalau bicara domestik, tentu pergerakan domestik itu umumnya dari tahun ke tahun di bulan puasa itu tidak terlalu besar,” ungkap Maulana Yusran Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia saat dihubungi Antara, Rabu (1/3/2023).

Menurut Maulana, tren pergerakan masyarakat terjadi pada akhir Ramadan, sedangkan pada awal bulan puasa aktivitas mereka biasanya normal, lalu menurun pada pertengahan atau minggu kedua dan ketiga, dan baru pada minggu terakhir terjadi peningkatan karena aktivitas mudik.

Tahun ini merupakan momen pertama Bulan Suci Ramadan yang berlangsung setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Melihat hal tersebut, Maulana pun menyampaikan bahwa pihaknya optimistis terhadap jumlah kunjungan hotel di tahun ini.

Sebab di tahun 2022 lalu, Maulana menyampaikan bahwa antusiasme masyarakat di akhir Ramadan menjelang Lebaran sudah meningkat. Hal ini pun diharapkan dapat kembali terjadi di tahun ini.

“Kami pasti optimis ya. Karena kita lihat di tahun 2022, walaupun PPKM belum dicabut, namun pada saat itu pergerakan juga sudah dilonggarkan ya. Kita lihat antusiasme masyarakat juga cukup besar pada saat itu pergerakannya,” jelas Maulana.

Kendati demikian, Maulana menjelaskan bahwa belum ada target pasti jumlah kunjungan di momen bulan suci Ramadan hingga lebaran tahun ini. Namun, pihaknya berharap jumlah tersebut setidaknya sama dengan momen menjelang lebaran di tahun 2022.

“Apalagi cuti bersama di tahun lalu itu sekitar 10 hari. Tahun ini kita punya 4 hari kalau nggak salah. Kita harapkan pergerakannya tumbuh paling tidak sama seperti tahun lalu,” kata Maulana.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 20 Juli 2024
22o
Kurs