Sabtu, 4 Mei 2024

PLN Akselerasi Transisi Energi Lewat Ajang LIKE

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pengunjung memenuhi Exhibition yang berisi karya-karya inovasi insan PLN se-Indonesia pada ajang LIKE 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. Foto: PLN

Mengusung tema “Inovasi untuk Meningkatkan Value Creation Berbasis Environment, Social, and Governance Menuju Net Zero Emissions (NZE)”, PT PLN (Persero) mendorong inovasi melalui ajang Learning, Innovation, Knowledge, and Exhibition (LIKE) 2023.

Event yang berlangsung 2-5 Oktober 2023 ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Listrik Nasional ke-78.

LIKE PLN merupakan salah satu bentuk langkah transformasi PLN dalam bidang inovasi dan melibatkan seluruh insan PLN dalam menjadikan PLN sebagai perusahaan global terkemuka.

LIKE juga menjadi wadah tahunan bagi intrapreneur PLN guna mengasah pemikiran kreatif dan inovatif yang mampu memberikan nilai tambah pada perusahaan.

Khusus untuk tahun ini, sebanyak 42 unit PLN yang mengirimkan makalah. Serta 24 unit yang masuk dalam komisi presentasi dan 13 unit masuk dalam seleksi nasional.

Salah satu inovasi yang hadir dari gelaran LIKE adalah SuperSUN, yang berhasil menjadi runner-up dalam event International SDG Innovation Leader Summit 2023 di New York, Amerika Serikat.

Sementara itu, Darmawan Prasodjo Direktur Utama PLN menegaskan pihaknya terus melakukan inovasi dan pengembangan keilmuan. Sebab, lewat upaya tersebut, perusahaan akan semakin lincah dan efisien dalam menjalankan program transisi energi.

“PLN sebagai ujung tombak di transisi energi di tanah air dan jantung ekonomi nasional. Selama 3,5 tahun terakhir bertransformasi dalam membangun kelistrikan lebih hijau berbasis EBT (Energi Baru Terbarukan.red), PLN juga masih akan bertransformasi melalui berbagai inovasi tentunya untuk menambah value creation dari berbagai bisnis PLN,” ucap Darmawan.

Visi PLN ke depan tidak hanya menghadirkan listrik yang andal bagi masyarakat tapi juga menyalurkan energi hijau yang ramah lingkungan untuk mendukung pencapaian NZE 2060.

“Tantangan yang dihadapi oleh PLN ke depan akan semakin banyak dan bervariasi mengikuti kondisi perekonomian dunia. Dibutuhkan ide–ide inovasi yang tidak hanya kreatif namun juga bisa diimplementasikan sehingga dapat mencapai tujuan PLN dalam transisi energi dan financial sustainability,” tegas Darmawan.

Sedangkan Iswan Prahastono General Manager PLN Pusat Penelitian dan Pengembangan mengatakan, inovasi merupakan perwujudan dari core value adaptif yang merupakan bagian dari budaya BUMN yaitu AKHLAK.

“Peranan inovasi sangat penting sebagai pilar organisasi yang menunjang visi dan misi perusahaan untuk mencapai rencana jangka pendek dan jangka panjang,” katanya.

Iswan juga menekankan bahwa ke depannya bagaimana inovasi yang tercipta tidak hanya berkembang di lingkungan PLN secara internal, tetapi dikembangkan secara komersial. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
26o
Kurs