Jumat, 26 April 2024

Program Kurasi dan Vokasi Kadin Jatim Dinilai Berdampak Nyata pada Masyarakat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Prosesi tanda tangan dalan progam Kadin Impact Award, di Graha Kadin Jatim, Surabaya, pada Kamis (23/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Arsjad Rasjid Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan, dua program Kadin Jawa Timur yakni program kurasi produk UMKM dan program Vokasi, memberikan dampak nyata pada masyarakat serta pengembangan daerah.

“Saya salut dengan Adik Dwi Putranto Ketum Kadin Jatim, bahwa apa yang dilakukan di sini menjadi contoh untuk Kadin Provinsi lain. Yang kami lakukan ini adalah bagian dari penilaian untuk memgapresiasi Kadin daerah tentang program apa saja yang telah dijalankan agar dikenal dan ditiru oleh yang lain,” ucapnya dalam penilaian Kadin Impact Award di Graha Kadin Jatim, Surabaya, pada Kamis (23/3/2023).

Ia mengungkapkan, apa yang sudah dijalankan Kadin Jatim untuk menaikkan usaha mikro ke kecil lalu kecil ke menengah itu sekaligus menjelaskan bahwa Kadin bukan hanya rumah bagi industri besar, tetapi juga bagi UMKM.

“Bahkan mandat kita adalah untuk pengembangan usaha kecil dan menengah,” ucapnya.

Suasana penilaian Kadin Impact Award di Graha Kadin Jatim, Surabaya, pada Kamis (23/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lebih lanjut, berdasarkan hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin bulan Desember 2022, kata dia, penguatan ekonomi daerah dan nasional serta UMKM juga menjadi topik dari program kerja Kadin Indonesia tahun 2023.

Selain UMKM, ia menyatakan, Kadin Indonesia juga fokus pada masalah kesenjangan keterampilan tenaga kerja dengan kebutuhan industri, serta mendorong kolaborasi antara dunia usaha dan industri untuk menciptakan program vokasi yang adaptif dan mendukung kegiatan usaha produktif.

“Kadin Indonesia kemudian membuat program Kadin Impact Award sebagai salah satu upaya untuk menyemangati dan mengapresiasi usaha gotong royong Kadin se-Indonesia dalam mendukung dua area fokus ini di tingkat provinsi, kabupaten dan kota,” terangnya.

Sementara itu, Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Provinsi Jawa Timur menyatakan, dalam Kadin Impact Award, Kadin Jatim menunjukkan berbagai program vokasi di Kadin Institute, serta produk dari UMKM yang telah didampingi Kadin Jatim dan berhasil naik kelas.

“Hari ini kita melihat ada sembilan UMKM yang merupakan perwakilan dari UMKM yang telah dibina dan didampingi oleh Kadin Provinsi Jatim, sehingga dapat mengekspor puluhan ribu produk-produknya ke kancah Internasional,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan, dalam rangka melaksanakan Perpres 68/2022 yang salah satu tugasnya adalah harmonisasi kurikulum antara dunia usaha dan dunia pendidikan, Kadin Jatim telah memiliki bibit vokasi di Kadin kota, kabupaten di Jatim yang dapat meningkatkan link and match antara pendidikan vokasi dan dunia usaha.

Sedangkan Nurul Indah Susanti Direktur Kadin Institute menambahkan, vokasi sudah menjadi program kerja Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan yang telah dilaksanakan, yakni dengan adanya Kadin Institute yang disambungkan dengan Rumah Vokasi.

“Tinggal memperkuat perpres 68/2022 tentang revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi. Dan penguatan itu, kita lakukan secara massif kegiatan vokasi, yaitu pelatihan pelatih tempat kerja yang akan menjembatani dunia kerja dan dunia pendidikan, harmonisasi kurikulum untuk me-link and match-kan antara keduanya serta Konsultan Vokasi yang akan mendapatkan sertifikat dari Jerman dan SKKNI dari BNSP,” terangnya.

Dengan upaya itu, ia berharap, tenaga kerja yang tidak terserap di dunia industri, mampu ditingkatkan ke enterpreneur.

“Tujuan akhirnya adalah pengurangan pengangguran, terciptanya SDM yang unggul sesuai harapan pemerintah dan terserapnya SDM sesuai dengan kompetensi,” pungkasnya.(ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs