Senin, 29 April 2024

Pusat Halal Unair Berikan 1.974 Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pusat Halal Universitas Airlangga (Unair) membagikan sebanyak 1.974 sertifikat halal gratis kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Foto: Unair

Pusat Halal Universitas Airlangga (Unair) membagikan sebanyak 1.974 sertifikat halal gratis kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Abdul Rahem ketua Pusat Halal Unair mengatakan bahwa dari tahun 2022 hingga 2023, Pusat Halal berhasil memfasilitasi sebanyak 3.842 produk UMKM dari 2.929 produk yang ditargetkan oleh BPJPH.

Selain itu, juga telah melakukan berbagai sosialisasi dan fasilitasi hingga memiliki 736 Pendamping teregistrasi dari Kemeng.

“Kita sudah melakukan banyak sosialisasi halal di berbagai tempat. Bekerja sama dengan banyak mitra hingga terjun langsung ke hampir tiap kecamatan di Surabaya. Alhamdulillah, sejauh ini sebanyak 1.974 produk telah terbit sertifikat halal,” ucapnya dalam keterangan, Selasa (10/10/2023).

Ia mengatakan, pusat halal juga turut melakukan sosialisasi di 15 titik pada KKN 2023 yang lalu. Selain itu, juga berhasil melakukan pengabdian masyarakat mulai dari Kalimantan hingga Nusa Tenggara Barat dalam rangka meningkatkan ekosistem halal pada berbagai wilayah.

“Peningkatan ekosistem halal juga harus dilakukan melalui upaya penyebaran akses. Meningkatkan sosialisasi dan pendampingan berarti memperluas jangkauan halal untuk membentuk ekosistem,” jelasnya.

Sementara itu, Abd. Syakur Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan, upaya itu menjadi salah satu bentuk menyatukan kolaborasi dalam melakukan standarisasi halal pada berbagai wilayah. Hal itu, juga berkaitan dengan Kewajiban Halal 2024.

“Sertifikasi halal penting karena memberikan dampak yang baik. Dengan memiliki sertifikat halal berarti UMKM yang mulanya hanya berjualan di tempat, pada akhirnya bisa mengekspansi ke luar daerah hingga ke luar negeri,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan Unair itu telah menjadi percontohan halal Indonesia khususnya di Jawa Timur.

Sebagai contoh, lanjut dia, sebelumnya di wilayah Banyuwangi juga ada sertifikasi halal pada UMKM, yang kemudian juga menaikkan kelas UMKM itu sendiri.

“Harapannya, keberadaan pusat halal ini bisa membantu UMKM dalam melakukan pengembangan usaha melalui sertifikasi halal baik self declare maupun berbayar. Karena saat ini, ekosistem halal telah disuarakan di seluruh dunia melalui penandatanganan halal dunia,” pungkasnya.(ris/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs