Jumat, 19 April 2024

Wali Kota Surabaya Siapkan Operasi Pasar Atasi Kenaikan Harga MinyaKita

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Produk kemasan Minyakita. Foto: Antara

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mempersiapkan skema operasi pasar di wilayah setempat untuk mengatasi persoalan kenaikan harga minyak goreng merek MinyaKita.

“Kalau harga eceran tertinggi lebih tinggi, kami sudah persiapkan skema mengatasi hal itu. Dinas Koperasi (Surabaya) akan koordinasi dengan Disperindag Jawa Timur (Dinas Perdagangan Jatim) untuk melakukan operasi pasar,” kata Eri Cahyadi, di Surabaya, Sabtu (4/2/2023).

Mengutip laporan Antara, berdasarkan pantauan yang dilakukan di Pasar Tambahrejo Surabaya, MinyaKita sudah sulit ditemukan.

Munani salah seorang pedagang setempat mengatakan, minimnya pasokan MinyaKita sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Kelangkaan menyebabkan adanya kenaikan harga pada produk tersebut.

“Barang sulit memang, sudah hampir dua bulanan. Jualnya sekarang Rp16.000, sebelumnya memang Rp14.000, naik-naik terus,” kata Munani.

Dia mengaku, kenaikan harga di atas ketentuan pemerintah berdampak pada turunnya minat masyarakat untuk melakukan pembelian produk subsidi itu. Masyarakat saat ini cenderung beralih ke mereka minyak goreng lain, lantaran harga yang masih terjangkau.

“Ini masih ada tetapi menghabiskan stok, sejak dua mingguan. Tidak ada yang beli. Orang-orang pindah beli merek lain lebih murah, aku ambil Rp14.000, jualnya Rp14.500,” ujarnya menambahkan.

Hal senada juga diutarakan oleh Fatimah, pedagang di Pasar Pucang Anom. Dia mengatakan kalau MinyaKita sudah sulit ditemukan sejak dua bulan lalu. “Langka produknya, sudah dua bulan. Saya tidak jual sama sekali,” kata Fatimah.

Fatimah menyebut pemerintah memang menetapkan Harga Eceran Tertinggi MinyaKita di angka Rp14.000, namun harga kemudian mengalami peningkatan.

“Kemarin kulakan Rp12.500 dijualnya Rp15.000, beda sama tag harga. Kulaknya (pembelian dalam jumlah besar) Rp17.800, makanya tidak jual. Sekarang orang beli merek lain,” ujar dia.

Untuk diketahui, Minyakita merupakan minyak goreng kemasan yang diluncurkan Kementerian Perdagangan pada 6 Juli 2022 lalu, untuk mengatasi kenaikan harga minyak yang pada saat itu sempat menyentuh harga Rp25.000 per liter. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs