Senin, 29 Mei 2023

Warga Surabaya Buka Stasiun Pengisi Kendaraan Listrik Waralaba Pertama di Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang pengguna kendaraan listrik mengisi ulang daya mobilnya di SPKLU Franchise Ayam Goreng Gringging Lombok, Citraland Surabaya. Foto: PLN

Sebagai upaya mendorong pertumbuhan iklim kendaraan listrik, PT PLN (Persero) membuka peluang kerjasama usaha franchise atau waralaba Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk masyarakat umum.

Salah satunya, SPKLU Franchise Ayam Goreng Gringging Lombok di Citraland Surabaya yang resmi beroperasi sejak April 2023 dan jadi yang pertama di Jawa Timur.

Steven, Pemilik SPKLU Franchise ini mengaku skema partnership yang diterapkan PLN sangat mudah. Ia tidak perlu direpotkan dengan perizinan, penyediaan peralatan, pemeliharaan dan pendukung infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik.

“Sangat mudah, kami melakukan pengajuan, verifikasi dokumen, penawaran negosiasi, penandatangan kontrak kerjasama, membayar biaya investasi, lalu pemasangan instalasi dan bisa dioperasikan. Semua sudah dilayani PLN, all-in,” papar Steven dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Jumat (26/5/2023).

Dia memaparkan, partnership SPKLU PLN miliknya menggunakan paket fast charging berkapasitas sekitar 50 kW, dengan pilihan shelter outdoor dilengkapi pasokan tenaga listrik sekaligus fasilitas pemeliharaan SPKLU.

Sebagai diketahui, saat ini skema partnership SPKLU PLN terbagi menjadi tiga paket yakni paket medium charging, fast charging, hingga ultra fast charging. Medium charging berkapasitas 25 kW, fast charging 50 kW dan ultra fast charging berkapasitas lebih dari 100 kW.

Calon mitra dapat mengajukan permohonan partnership SPKLU dengan mengakses https://layanan.pln.co.id/partnership-spklu.

Terkait alasan mengajukan franchise, Steven mengaku ingin mendukung program pemerintah memasifkan iklim kendaraan listrik di lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu, baginya kendaraan listrik dan infrastrukturnya merupakan investasi jangka panjang.

“Sejak beroperasi April lalu, sudah ada 87 transaksi kendaraan listrik yang nge-charge disini. Rata-rata pengguna berasal dari lingkungan sekitar atau yang sedang perjalanan dari Solo, Jogja ke Surabaya atau Banyuwangi,” jelas Steven.

Salah satunya, Gunawan pengguna kendaraan listrik, mengaku sering melakukan charging di SPKLU milik Steven itu.

“Tempatnya nyaman sambil charging bisa sembari makan dan istirahat. Karena fast charging ini cepat sekali untuk mobil kami ini hanya dua jam. Untuk yang satunya dari 0 hingga penuh terisi hanya memerlukan waktu 40 menit hingga satu jam,” tutur Gunawan. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Depot di Bratang Gede Terbakar

Upaya Pemadaman KM Samudera Anugerah

KM. Samudra Anugerah Terbakar di PT DOK Tanjung Perak

Pasar Wadungasri Banjir

Surabaya
Senin, 29 Mei 2023
23o
Kurs